Angkat Hikayat Topat Mentaram !! Perayaan Lebaran Topat di Makam Bintaro dan Makam Loang Balok Akan Lebih Meriah

0


Kota Mataram - Tradisi Lebaran Topat di Kota Mataram adalah tradisi kegiatan yang setiap tahun diadakan dan telah masuk dalam kalender event tahunan Dinas Pariwisata Kota Mataram.

Terkait dengan Tradisi Lebaran Topat yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan yaitu, di dua tempat (Makam Loang Balok dan Makan Bintaro). Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram mengadakan diskusi dengar pendapat dengan beberapa Seniman dan Budayawan. Diantaranya Kabid Ekonomi Kreatif Lalu Surya Mulawarman atau yang akrab di sapa Mik Surya, Miq Agus Fathurahman, Miq Sadarudin, dan Lurah Kekalik Jaya. Pada hari Senin, tanggal 25 Maret 2024.
Perlu diketahui, Lebaran Topat merupakan tradisi yang begitu sakral bagi warga Kota Mataram selain akulturasi Religi juga terdapat nilai budaya leluhur yang sudah tertanam secara turun temurun. Dimana Lebaran topat dilakukan dengan ziarah makam wali yang dianggap berjasa dalam penyebaran agama islam di pulau Lombok.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Kataram Cahya Samudra dalam kesempatannya, saat ditemui media mengatakan Nuasan Lebaran Topat pada tahun 1445 Hijriah atau tahun 2024 ini akan dikemas berbeda dengan tidak meninggalkan konsep Religi dan Kebudayaannya.

“Malam ini saya bersilaturahmi dengan Tokoh Seniman dan Tokoh Kebudayaan untuk mendengarkan masukan terkait kegiatan Lebaran Topat Mendatang di Kota Mataram” ucap Cahya.
Cahya Samudra (Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram)
 

Diskusi ini tentu untuk mempersiapkan Tradisi Event Lebaran Topat lebih meriah lagi dengan tidak meninggalkan unsur-unsur sakral didalam pelaksanaannya.

“Kami mencoba menggali dan menggunakan momentum Lebaran Topat Mentaram kali ini, guna mengangkat Hikayat Topat Mentaram. Dimana didalamnya terdapat kisah Waliullah dalam penyebaran Agama Islam. Itu kenapa disini diangkat Trilogi (Religi, Budaya dan Wisata). Tambahnya

Diskusi itu pun semakin menarik, dimana tampak hadir Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu Surya Mulawarman yang memberikan beberapa masukan diantaranya Pementasan Tari-tarian serta keterlibataan beberapa UMKM yang akan semakin menambah khazanah keseruan Lebaran Topat di Kota Mataram.

Lalu Surya Mulawarman (Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Provinsi NTB)


“Saya tadi memberikan sedikit masukan dan saling sharing bertukar fikiran diantaranya keterlibatan UMKM, sebagai salah satu roda perputaran ekonomi yg sangat masif, karna event Lebaran Topat ini tidak sekedar acara Religi, tapi juga Budaya dan Wisata menjadi satu kesatuan yang saling mendukung” ucap Mik Surya kepada media.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.