Satlantas Lobar Berkreasi, Beri Praktek Sefety Riding Siswa MAN Lobar

0

 


Gerung - Satlantas Polresta Lombok Barat bagian Unit Keamanan dan Keselamatan bekerja sama dengan PT. Astra International Motor Tbk-Honda NTB menggelar sosialisasi Safety Riding di MAN Lombok Barat pada hari Senin (13/05). Kegiatan yang bertajuk Safety Riding Education Goes to School ini diikuti oleh siswa-siswi MAN Lombok Barat Bersama beberapa orang perwakilan guru dan tata usaha.


Acara ini diawali dengan sambutan Kepala MAN Lombok Barat, H. Abdul Azis Faradi, S.Pd.M.Pd. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa beliau sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi safety riding ini karena memberikan edukasi kepada seluruh warga madrasah akan pentingnya keamanan, keselamatan dan etika mengemudikan motor.
“Kami sangat menyambut gembira dan membuka pintu lebar-lebar kegiatan semacam ini, apalagi ini safety riding yang akan memberikan informasi tentang keamanan, keselamatan, dan etika bermotor.”, tandas H. Abdul Azis


“semoga anak-anak MAN Lombok Barat setelah mengikuti kegiatan ini semakin sadar akan pentingnya keselamatan diri dalam berkendara.” Imbuh Kepala MAN Lombok Barat ini.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pihak PT Astra Internasional Motor Tbk NTB, yang disampaikan oleh intsruktur safety riding Astra Motor NTB, Satria Wiman Jaya. 


Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan tema dari sosialisasi ini, yakni bertema Safety Riding Education Goes to School, kegiatan ini akan memperkenalkan sekaligus mendemokan bagaimana tata cara dan etika betrmotor agar terjamin keselamatan dan keamanan selama bermotor.
Menurut pengakuannya setelah acara, seluruh peserta didik yang ikut, menyambut dengan sangat bagus kegiatan ini. “Alhamdulillah seluruh siswa sangat antosias mengikuti kegiatan ini, karena mereka sadar akan pentingnya keamanan, keselamatan, dan etika berkendara.”, ujar Instruktur Astra ini.


Sebagai pemateri terkahir, Briptu Egi Arya Guntara, dari Satlantas Polres Lombok Barat, Bagian Keamanan dan Keselamatan. Di hadapan seluruh peserta, menyampaikan banyak hal terkait tentang etika di jalan raya dan keselamatan berkendaraan. Diantaranya beliau mengajak dan mengedukasi peserta untuk tertib berlalu lintas, siswa yang menggunakan sepeda motor untuk melengkapi kelengkapan pribadi seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), SIM (Surat Izin Mengemudi) dan Helm SNI (Standar Nasional Indonesia), bagi yang belum memiliki SIM untuk tidak membawa sepeda motor karena bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. Kemudian, dijelaskan pula kelengkapan kendaraan bermotor sesuai standar pabrik dan menekankan tidak menggunakan knalpot Brong.


Beliau mengingatkan anak-anak agar pada saat menyeberang jalan terlebih dahulu harus memastikan keadaan benar-benar aman dengan melihat kendaraan dari arah kiri dan kanan. Kemudian pada saat mengendarakan sepeda motor, baik pengemudi maupun penumpang wajib mengenakan helm standar SNI dan tidak ngebut atau ugal-ugalan di jalan raya.
“Dalam berkendara harus memperhatikan tata cara berkendara yang benar dan etika berkendara agar aman dan selamat dalam berkendara, seperti memiliki SIM, memakai helm, dan tidak boleh ugal-ugalan.”, pungkas Briptu Egi.


Setalah acara, Muhammad Zainul, Ketua OsiM MAN Lombok Barat, yang menjadi peserta dalam kegiatan ini menyampaikan rasa gembira dan senangnya telah mengikuti kegiatan safetyriding  ini.


“Perasaan saya sangat senang telah mengikuti kegiatan safety riding  ini karena bisa mengetahui bagaimana cara dan etika berkendara, mulai dari cara menggunakan helm, rem, knalpot, dan bagaimana cara menggunakan alat komunikasi yang benar saat berkendara.”, ujar Zainul. ram

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.