Melalui RAD-PD, Pemerintah NTB Memastikan Hak-hak Disabilitas Terpenuhi

0

 


Mataram - Untuk mendorong percepatan pembangunan daerah dan pemenuhan hak hak disabilitas di nusa tenggara barat, SKALA ( Sinergi dan Kalaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar Kemitraan Australia – Indonesia )  berkalaborasi dengan Lombok Independent Disabilitas Indonesia ( LIDI NTB ) mengadakan sosialisasi penyusunan RAD-PD bertempat di Hotel Prim Park Mataram.

Kegaiatan sosialisasi RAD-PD Nusa Tenggara Barat di buka langsung oleh kepala BAPPEDA Nusa Tenggara Barat dan di hadiri oleh semua SKPD tingkat Provinsi serta perwakilan dari Organisasi Disabilitas dan beberapa perwakilan dari NGO pemerhati disabilitas.

Dalam sabutannya, kepala BAPPEDA Nusa Tenggara Barat  pak Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si menyampaikan pentingnya pemberdayaan disabilitas melalui perencanaan yang terukur dan terencana supaya disabilitas bisa menjadi subjek dan bisa menjadi bagian dari penentu pembangunan di tingkat daerah.
“ segala aspek kebutuhan disabilitas harus menjadi perhatian kita semua supaya bisa di akses oleh disabilitas, baik itu kebutuhan tentang aksesbilitas maupun kebutuhan hak hak dasar mereka terutama terkait tentang data kependudukan dan kebutuhan pendidikan mereka “ paparnya.


Sementara itu dari BAPPENAS, dalam pemaparaanya sangat menekankan pentingnya RAD-PD ini untuk pemenuhan hak hak disabilitas di lintas sektoral semua OPD yang ada di nusa tenggara barat ini supaya disabilitas ikut berperan dalam pembangunan di nusa tenggara barati sehingga disabilitas bisa ikut menjadi subjek yang akan menjadi salah satu indikator pembangunan daerah.
Rencana Aksi Daerah Penyandang disabilitas (RAD-PD) sudah menjadi agenda nasional melalui amanat Permen PPN no 3 tahun 2021 untuk pembentukan RAN-PD (RAD-PD) melalui peraturan Gubernur maupun melalui PP no 70 Tahun 2019 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi Terhadap Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, setiap daerah di haruskan melalukan penyusunan RAD-PD.

Provinsi-provinsi dari daerah Indonesia Tengah dan Timur (Sulsel, Sulbar, NTB, NTT, Papua Barat Daya, Kaltim) diharapkan mendapat asistensi intensif dari pemerintah nasional dalam penyusunan RAD PD untuk pemerataan pembangunan inklusif disabilitas supaya pelaksanaan implementasi RAD-PD ini terlaksana dengan cepat dan tepat sasaran.

SKALA dan LIDI NTB melalui program DIGNITY berkomitmen untuk tetap berkalaborasi dan mengawal perumusan Draft RAD-PD ini sampai selesai sesuai target supaya bisa segera di ajukan ke pusat.


Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.