Dinas Dikbud Gelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kabupaten Lombok Barat

0

 


Narmada - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lombok Barat Maad Adnan, S.Pd., M.Pd membuka acara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N ) Tingkat Kab. Lombok Barat Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Budaya “Jayengrane“ Narmada pada hari Senin (20/05/2024)

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Dikbud Maad Adnan, S.Pd., M.Pd, Kabid Kebudayaan H. Imanto Rahadi, S.Pd, Kabid Pembinaan SMP Tajuddin, S.Pd, Kabid Pembinaan PAUDNF-Dikmas Lalu Raspita Utama, S.Sos, Camat Narmada Sumasno, SE dan beserta seluruh Siswa Siswi peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta pendamping.

Kepala Dinas Dikbud Maad Adnan, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Seni Budaya harus dikembangkan dan menjadi kewajiban bagi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. Untuk mengembangkan bagaimana budaya ini dimaksimalkan dalam membentuk individu manusia tidak cukup hanya sebatas teori di kelas. Maka berilah kesempatan untuk anak-anak untuk belajar out door terlebih lagi untuk pengembangan seni budaya.

"Oleh karna itu FLS2N ini adalah menjadi wadah penyerap yang akan menjaring seluruh potensi-potensi dari anak-anak kita," jelasnya

Kepala Dinas Dikbud Maad Adnan mengharapkan agar semua elemen kebudayaan terlibat seperti Dewan Budaya dan Dewan Pendidikan. Agar pada pelaksanaan FLS2N tahun 2025 lebih semarak. Hal ini untuk mendorong dan meningkatkan animo anak-anak didik dalam mengaktualisasikan seluruh potensi yang dimiliki.

"Kita memiliki dewan budaya, kita memiliki dewan pendidikan, mari ajak bersama untuk bagaimana merangkum budaya ini, semoga kedepan harapan saya untuk FLS2N di tahun 2025 supaya nanti pembukaanya lebih rame dari sekarang," harapannya.

Kadis Dikbud Maad Adnan, S.Pd., M.Pd memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bidang Kebudayaan yang berhasil menyelenggarakan kegiatan FLS2N Tingkat Kab. Lombok Barat Tahun 2024. Dengan harapan kegiatan terus dilaksanakan setiap tahun untuk mencari bakat-bakat muda dalam bidang seni dan budaya.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya untuk Bidang Kebudayaan yang telah menyelenggarakan acara ini, semoga kedepannya FLS2N akan terus di laksanakan," tutupnya.

Laporan panitia disampaikan oleh Abdul Kudus S.Adm bahwa melalui Bidang Kebudayaan menyediakan wadah bagi peserta didik untuk dapat mengapresiasikan diri dalam bidang seni yang sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang tentunya berbasis kepada budaya bangsa kita di indonesia. Sekaligus sebagai ajang untuk menjaring bakat, talenta dan potensi yang dimiliki peserta didik kita yang masih belum tereksplor selama ini baik peserta didik yang berada di jenjang sekolah dasar maupun jenjang SMP. Kegiatan ini mengacu pada program Kementrian Pedidikan, Kebudayaan,  Riset dan Teknologi yang bersifat hirarki dan berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi sampai ke tingkat Nasional.

"Kegiatan ini sebagai ajang untuk menjaring bakat, talenta dan potensi ynag dimilik peserta didik," jelasnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lombok Barat menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Kabupaten Lombok Barat yang diikuti oleh 73 sekolah SD/SMP dan melibatkan 300 orang mulai dari Panitia, Dewan Juri, pendamping dan terutama peserta. Ada 11 Mata Lomba yang dilaksanakan di dua tempat, yakni jenjang SD sebanyak 5 Cabang Lomba dan SMP sebanyak 6 Cabang Lomba.

Lomba yang bersifat pertunjukan seperti menyanyi solo/ tunggal, seni tari, tari kreasi, pantomim, Ansambel, musik campuran dan kreativitas musik tradisi yang dilaksanakan di panggung utama. Sedangkan lomba yang bersifat non pertunjukan seperti menggambar, bercerita, karya dan ilustri dilaksanakan di Gedung Seni Budaya “ Jayengrane” Narmada.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.