Prodi S1 Teknik Sipil Unram Berhasil Raih Akreditasi Unggul

0


 Mataram, NTB – Fakultas Teknik Universitas Mataram (FT Unram) merayakan kesuksesan Program Studi (Prodi) S1 Teknik Sipil setelah berhasil meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studiuun Keteknikan (LAM Teknik). Keberhasilan ini merupakan hasil dari komitmen dan kerja keras seluruh civitas akademika dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Teknik Sipil.

Menurut keputusan LAM Teknik yang dirilis pada tanggal 21 April 2024, Prodi S1 Teknik Sipil FT Unram telah memenuhi semua kriteria yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi dan mencapai predikat unggul dalam proses evaluasi.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi Prodi S1 Teknik Sipil. Beliau menyebut bahwa keberhasilan ini tidak hanya membanggakan bagi fakultas dan universitas, tetapi juga merupakan dorongan bagi seluruh mahasiswa dan staf untuk terus berusaha mencapai standar yang lebih tinggi.

“Saya Rektor Unram mewakili seluruh civitas akademika ingin mengucapkan selamat dan sukses atas diraihnya akreditasi unggul oleh Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik berdasarkan keputusan LAM Teknik. Ini merupakan salah satu buah ketika awal tahun 2022 kita berinisiatif untuk membuka suatu kelembagaan yang disebut dengan Unit Percepatan Akreditasi Unram. Jadi Unit Percepatan Akreditasi ini bekerja sama dengan LPMPP dan Fakultas Teknik. Kemudian berusaha bagaimana akreditasi di Fakultas Teknik ini menjadi akreditasi unggul,” ucapnya.

Prof. Bambang menegaskan ini merupakan komitmen Unram untuk mendukung pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, dengan terus meningkatkan jumlah prodi berakreditas unggul di Unram.

“Ke depan mudah-mudahan bertambah lagi prodi-prodi lain karena baru saja kita mendapatkan kabar baik bahwa S1 Pendidikan Sosiologi juga mendapatkan akreditasi unggul. Mengapa kemudian Unram bercita-cita untuk menambah jumlah akreditasi unggul pada prodi yang ada di Unram. Target kita tahun ini adalah kita akan melakukan re-akreditasi institusi, Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Sehingga dengan adanya penambahan akreditasi unggul yang ada di prodi maka peluang Unram untuk menjadi perguruan tinggi yang terakreditasi unggul akan semakin besar, itulah cita-cita besarnya,” jelasnya.

Rektor ke-10 Unram ini juga mengungkapkan walaupun nanti sudah tercapai APT Unram, Unram tidak akan berhenti di situ. Unram akan berusaha agar sedapat mungkin semua prodi yang ada di Unram terakreditasi unggul dan dapat menjadi dasar penilaian untuk Unram dalam menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

“PTN-BH ini menurut aturannya itu minimal 60% prodi yang ada di sebuah perguruan tinggi harus terakreditasi unggul. Baru kemudian kita bisa mendapat predikat PTN-BH, itu menjadi cita-cita Unram ke depan pada tahun 2025, 2026 atau paling lambat di 2027 kita menuju PTN BH. Ini semua berkaitan, jadi akreditasi prodi akan menunjang akreditasi perguruan tinggi, kemudian akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi prodi akan menunjang untuk menuju PTN-BH ini kira-kira keterkaitannya. Maka dari itu saya meminta semua pihak dari Unram bahwa mari kita dukung percepatan akreditasi menuju unggul ini supaya Unram sejajar kualitasnya dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi secara nasional maupun internasional,” pungkas Prof. Bambang.

Di samping itu, Dekan FT Unram, Muhamad Syamsu Iqbal, S.T., M.T., Ph.D., menyatakan kebanggaannya atas pencapaian tersebut. Beliau menyampaikan bahwa akreditasi unggul ini adalah bukti nyata dari upaya kolektif fakultas dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Alhamdulillah, kami bersyukur bahwa Prodi S1 Teknik Sipil FT Unram akhirnya terakreditasi Unggul oleh LAM Teknik, yang oleh BANPT lima tahun yang lalu kita hampir mendapat akreditasi A (Unggul), namun kurang beberapa poin saja sehingga saat itu masih terakreditasi B. Sebagai prodi tertua, dengan jumlah dosen dan guru besar terbanyak di lingkungan FT Unram, Prodi Teknik Sipil Unram memang sepantasnya berpredikat unggul," katanya.

Dekan FT Unram juga menambahkan bahwa prestasi ini akan memotivasi mereka untuk terus meningkatkan standar pendidikan dan penelitian di masa mendatang.

"Teknik Sipil Unram termasuk prodi dengan tingkat keketatan penerimaan mahasiswa baru di bawah 10% yang berarti masih sangat diminati oleh masyarakat. Dengan modal tersebut insya Allah Teknik Sipil Unram akan terus meningkatkan layanannya kepada masyarakat, termasuk memperluas cakupan layanan pendidikan baik level S1 dan S2 yang sudah ada, maupun S3 yang sedang kita persiapkan usulan pembukaannya," tutupnya.

Dengan perolehan akreditasi unggul ini, Prodi S1 Teknik Sipil FT Unram semakin dipercaya sebagai salah satu pilihan terbaik bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar karier di bidang teknik sipil. Prestasi ini juga mengukuhkan posisi Unram sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen pada kualitas dan inovasi dalam dunia teknik.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.