Siswa SMK 2 Kuripan Sabet Medali Emas di Ajang Mandalika Essay Competition Nasional

0

 Lombok Barat - Prestasi yang digulirkan oleh siswa SMKN 2 Kuripan tak henti-hentinya ditorehkan. Kali ini datang di ajang Mandalika Essay Competition 4 Tingkat SMK Nasional yang digelar pada tanggal 2-4 Maret 2024 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Tim TTG SMKN 2 Kuripan yang sukses meraih medali emas ( poster energi dan tekhnologi) dan perak (presentasi kategori energi dan tekhnologi) terdiri dari Lalu Anjas Hidayat kelas X T.Elin1, Irhas Hafiz Manzila X.Av 2, Amrina Rosita kelas X Pspt 2, Muhammad Isron kelas X T.Elin 2, dan Elsa Nursaadah X T AV 1.

Kepala SMKN 2 Kuripan H. Mahyuddin melalui guru pembina TTG Idham menjelaskan, lomba tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswa SMK, mahasiswa dan umum tingkat nasional. SMKN 2 Kuripan masuk 15 besar se-Indonesia. Untuk SMKN 2 Kuripan mengirimkan 2 tim pada kategori Poster dan Presentasi.

"Tim TTG sekolah ini semua dari kelas sepuluh, awalnya kita hanya melatih mental anak-anak karena satu-satunya SMKN 2 Kuripan yang punya ekskul inovasi," ungkap Idham. (Senin,4/3/24).

Menurut Idham, motivasi siswa siswi yang mengikuti Lomba Mandalika Essat Competition 4 ini dikarenakan, ingin ikut serta dapam ajang bergengsi tersebut.

Persiapannya selama tiga bulan kemudian dikirimkan materinya dan video. Tim TTG mengangkat tema tentang sampah, dimana sudah memiliki alat tekhnologi membakar sampah tanpa asap.

Prodi ini sudah berjalan dari tahun 2018, bahkan sebelumnya pernah juga mendapatkan juara namun untuk do tingkat nasional baru kali pertama pada ajang Mandalika Essay Competition 4.

Yang membedakan disini Alat membakar sampah tanpa asap berbasis Android adalah dengan memunculkan teknologi. Kalau alat pembakar sampah tampaknya banyak. Tapi, dengan teknologi yang baru, kemudian energi alternatif setelah panen itu belum ada.

"Juara yang diraih itu adalah Juara 2 kategori presentasi tentang energi dan tekhnologi juaranya 1 diraih dari siswa Jawa Tengah, kemudian Juara 1 untuk kategori poster energi dan tekhnologi," terang Idham.

Kepala Bidang SMK Dikbud NTB M. Khairul Ikhwan mengapresiasi prestasi yang diraih SMKN 2 Kuripan dan mendukung kegiatan yang diikuti peserta didik dan berharap bisa menjadi contoh untuk peserta didik yang lain. Satu tim berhasil menyabet gold medali dan tim 2 berhasil mendapat Juara 2 pada babak final, pungkasnya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.