Sebagai Sarana Pertukaran Ilmu Pengetahuan, Unram dan PUPR Gelar Pengelolaan Jurnal Ilmiah

0

 


Mataram, NTB – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) menerima kunjungan dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terkait Kerja Sama Pengelolaan Jurnal yang bertempat di Ruang Sidang Utama LPPM Unram, pada hari kamis, 29 Februari 2024.

Dalam kegiatan ini hadir Nur Rofik, A.Md. dan Dwi Yunita perwakilan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR didampingi oleh Kepala Pusat Riset LPPM Unram, Prof. Ir. Buan Anshari, S.T., M.Sc.(Eng), Ph.D. dan 20 orang perwakilan pengelola jurnal di lingkungan Unram.

Mengawali kegiatan ini, Prof. Ir. Buan Anshari, S.T., M.Sc.(Eng), Ph.D menyampaikan, ”Silaturahmi ini dipastikan menjadi langkah awal dalam menjalin kerja sama dalam pengelolaan jurnal dan tentu ini membuka peluang bagi dosen/peneliti Unram untuk dapat berkontribusi baik sebagai penulis, reviewer maupun editor.”

Jurnal ilmiah memiliki manfaat yang besar bagi perguruan tinggi. Dengan menyebarkan pengetahuan, memvalidasi hasil penelitian, meningkatkan reputasi institusi, dan mendukung kolaborasi, jurnal ilmiah menjadi pilar penting dalam perkembangan atmosfer akademik dan riset di lingkungan perguruan tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Nur Rofik, A.Md. mengungkapkan, “Saat ini kami mengelola Jurnal Sumber Daya Air. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Mei dan November telah terakreditasi SINTA 3. Sedangkan Jurnal Teknik Hidraulik telah terakreditasi SINTA 2, pertama kali didirikan pada tahun 2010, merupakan penerus langsung Buletin Pusair. Jurnal ini terbit dengan isu-isu yang dirilis pada bulan Juni dan Desember setiap tahun.”

Ia juga menambahkan jika jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Direktorat Jendarl Sumber Daya Air Kementerian PUPR dapat digunakan sebagai sarana pertukaran ilmu pengetahuan dan informasi yang berkaitan dengan bidang PUPR.

“Jurnal ini diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas dan pertukaran gagasan di antara para pejabat fungsional, pejabat struktural, baik di Kementerian PUPR maupun kementerian/lembaga/instansi terutama para akademisi, baik dari institusi swasta maupun negeri di Indonesia dalam kesempatan ini Universitas Mataram melalui LPPM,” imbuh Nur Rofik, A.Md.
Kolaborasi pengelolaan jurnal yang terjalin antara LPPM Unram dengan  Direktorat Jendarl Sumber Daya Air Kementerian PUPR diharapkan akan bermuara pada peningkatan kualitas infrastruktur Kementerian PUPR demi kemajuan tanah air tercinta, atau menjadi sebuah inspirasi bagi para pembaca untuk berperan aktif dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi terutama di bidang PUPR.

Kegiatan ini sebagai salah satu komitmen LPPM Unram dalam membangun kerja sama nasional maupun internasional dalam peningkatan kualitas pengelolaan jurnal sebagai sumber referensi dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu tertentu.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.