Musrenbang RPJPD 2025-2045 Merumuskan Kebijakan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

0

 




Kegiatan Musrenbang RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Tahun 2025-2045 dan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2025 Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan di Hotel Merumatta Senggigi, Selasa, 26 Maret 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab Lombok Barat, Ketua DPRD, Anggota forkopimda, kepala Bappeda Prov.NTB, kepala instansi vertikal BPN, BPS, Kemenag, Asisten I,II,III, staff ahli, seluruh kepala OPD, Ketua PKK dan Dharma wanita, GOW dan organisasi perempun lainnya, dan csmat sekabupaten lombok barat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tenaga pendamping profesional, perwakilan perempuan, pimpinan perusahaan, LSM dan perwakilan disabilitas.

Dalam sambutan tertulis Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kab. lobar H. Ilham, M.Pd menyampaikan bahwa Pelaksanaan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan rencana kerja pemerintah darrah (RKPD) merupakan kegiatan yang strategis dan memiliki nilai positif sebagai salah satu forum koordinasi antara pemangku kepentingan di kab. Lobar. Ia mengatakan forum ini memiliki makna dan manfaat besar karena di forum ini semua pihak dapar meluruskan berbagai tantangan dan permasalahan, isu strategis, visi misi serta rencana pembangunan selama kurun waktu 20 tahun ke depan dari tahun 2025-2045. Selain itu melalui forum ini juga akan dirumuskan berbagai kebijakan, program dan kegiatan prioritas pembangunan tahunan daerah yang tertuang dalam dokumen RKPD tahun 2025.  "forum ini dilaksanakan untuk melakukan percepatan pembangunan melaui berbagai rumusan langkah strategis yang pengeluaran akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat" Ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa Tema pembangunan di tahun 2025 antara lain percepatan penguatan SDM, mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif berkelanjutan dengan 7 prioritas. Prioritas itu antara lain pengentasan kemiskinan dan ketimpangan pendapatan, peningkatan kesempatan kerja dan perluasan lapangan perusahaan, peningkatan konektifitas dan akses infrastruktur, peningkatan daya saing daerah, peningkatan kualitas ekonomi hidup, produktifitas ekonomi perkapita, peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Pada kegiatan ini sekretaris daerah H. Ilham yang membacakan sambutan Bupati menyampaikan bahwa berbagai hal yang dibahas ini membutuhkan semangat kolaborasi dan kerjasama berbagai pihak. Hal ini agar pelaksanaan musrenbang dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan berbagai langkah strategis yang bermanfaat bagi semua pihak. Ia berharap agar seluruh peserta dapat memberikan berbagai masukan dan gagasan agar dapat diperoleh konsep dan rencana pembangunan yang maksimal. "Tentu semangat kolaborasi dan kerjasama harus terus menjadi komando yang baik dalam merumuskan berbagai kebijakan di Lobar sehingga tujuan mulia pembangunan dapat berjalan dengan baik" ujarnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan baik. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 25 hingga 26 Maret 2024. Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan berbagai kebijakan yang berkontribusi dalam menurunkan angka kemiskinan di Lobar. (el02)


Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.