Lobar Luncurkan Perbup Pelibatan Perempuan Saat Peringatan Hari Ibu Internasional

0


Gerung - Memperingati Hari Perempuan Internasional,  Pemerintah Kabupaten Lombok Barat berkerjasama dengan IWAPI Lobar dan KIAT Gesit meluncurkan Peraturan Bupati no 74 tahun 2023 tentang Pelibatan Perempuan dalam Pembangunan Infrastruktur inklusif. Kegiatan yang dilaksanakan Rabu, 6 Maret 2024 di bencingah agung, Lobar ini merupakan rangkaian hari ulang tahun lombok barat ke 66.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sekretaris Daerah H.Ilham, Perwakilan Kiat Gesit Program Kemitraan Kedutaan Besar Australia, Para Asisten, Staff ahli Bupati, Kepala OPD,Camat, Ketua DWP Lobar, serta berbagai Organisasi Wanita lainnya yang tersebar di kabupaten Lombok Barat.


Dalam Sambutannya Bupati Lombok Barat yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah H.ilham menyampaikan bahwa peringatan hari perempuan internasional sebagai perayaan global untuk pencapaian ekonomi sosial dan budaya. Ia menyampaikan melalui peringatan hari perempuan berfungsi sebagai perwujudan keinginan yang kuat untuk mendorong semangat menuju kesetaraan gender dalam pemberdayaan perempuan.
"Melalui peringatan hari perempuan Internasional ini kami berharap agar peran perempuan dapat terus meningkat dan tentu kita juga harus berbahagia karena kita telah melahirkan Perbup tentang Perempuan"ujarnya.

Sekda melanjutkan  Pemkab Lobar selalu mendukung peningkatan peran perempuan. Salah satunya adalah melalui
Peraturan Bupati no 74 tahun 2023 tentang pelibatan perempuan dalam pembangunan infrastruktur inklusif. Ia mengatakan regulasi ini sebagai bentuk keseriusan Pemda bersama mitra untuk meningkatkan peran perempuan. Hal ini merupakan hasil kolaborasi Pemkab Lombok Barat dengan iwapi dan kemitraan kedutaan besar Australia dalam hal infrastruktur yaitu meluncurkan program "GESIT".

"Ini sebagai komitmen Lombok Barat bersama Kiat Gesit dan IWAPI dalam menguatkan peran perempuan dalam pembangunan daerah"ujarnya.

Sementara itu dalam laporannya ketua Iwapi Siti Wahidah menyampaikan tentang visi dan misi Iwapi sendiri antara lain menjadikan organisasi perempuan pengusaha terbaik di tingkat nasional maupun internasional, memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan didalam kegiatan usaha dengan meningkatkan kemampuan anggota dalam mengelola usahanya serta memperjuangkan anggotanya dengan berbagai cara antara lain, advokasi pelatihan.


Lebih lanjut Siti Wahidah mengatakan bahwa, eksistensi organisasi IWAPI yang semakin dewasa, matang dan mandiri dalam berprestasi. Tentunya diisi dengan kreativitas dan inovasi, untuk melahirkan pengusaha perempuan yang unggul dan berdaya saing di Kabupaten Lombok Barat.

"Kondisi ini sudah sepatutnya kita syukuri, seraya terus berkarya demi kesejahteraan bersama. Momentum ini tentunya jadi sarana bagi kami untuk terus berperan aktif di berbagai sektor salah satunya menyukseskan peran pengusaha perempuan di kabupaten Lombok Barat" ujarnya

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan baik. Perbup tentang pelibatan perempuan dalam pembangunan infrastruktur Inklusif ini merupakan yang pertama di Indonesia. Diharapkan melalui Perbup ini Perempuan Lombok Barat menjadi semakin tangguh dan kuat dalam melaksanakan pembangunan.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.