Lidi Foundation Lakukan Pendamping SHG (Self-Help Group) Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa

0


Lombok Timur - epiclombok.com - Lidi Foundation melalui Program DIGNITY melakukan pendampingan pembentukan SHG di Desa Selebung Ketangga dan Desa Ketangga Jeraeng Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur Kamis, 14/03/2024.


Pendampingan Pembentukan SHG di Desa Selebung Ketangga

 
Desa Selebung Ketangga merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur. Desa ini memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan sektor ekonomi masyarakatnya. Untuk mendukung hal tersebut, Lidi Foundation melalui program DIGNITY telah melakukan pendampingan dalam pembentukan SHG (Self-Help Group) di Desa Selebung Ketangga.



Lidi Foundation memiliki peran penting dalam program DIGNITY di desa ini. Melalui pendekatan yang berbasis pada kearifan lokal dan partisipasi aktif masyarakat, Lidi Foundation membantu masyarakat Desa Selebung Ketangga dalam mengorganisir diri dan mengembangkan potensi ekonomi yang dimiliki.
Langkah-langkah konkret dilakukan dalam pembentukan SHG di Desa Selebung Ketangga. Pertama, Lidi Foundation melakukan identifikasi terhadap kelompok-kelompok potensial yang ada di desa. Selanjutnya, melalui pendekatan partisipatif dan pelatihan-pelatihan, Lidi Foundation membantu masyarakat dalam merancang rencana bisnis yang berkelanjutan.
 

Pendampingan Pembentukan SHG di Desa Ketangga Jeraeng Kecamatan Keruak.


Desa Ketangga Jeraeng Kecamatan Keruak juga merupakan salah satu desa yang mendapatkan pendampingan dalam pembentukan SHG melalui program DIGNITY. Desa ini memiliki spesifikasi yang berbeda dengan Desa Selebung Ketangga, namun tetap memiliki potensi ekonomi yang dapat dikembangkan.



Program DIGNITY yang dilaksanakan di Desa Ketangga Jeraeng Kecamatan Keruak juga mengikuti pendekatan partisipatif. Masyarakat di desa ini diajak untuk terlibat aktif dalam semua tahap program, mulai dari perencanaan hingga implementasi. Dengan demikian, masyarakat dapat memiliki rasa memiliki terhadap program tersebut dan memperoleh manfaat yang optimal.


Proses pendampingan dan pembinaan dalam pembentukan SHG di Desa Ketangga Jeraeng Kecamatan Keruak melibatkan berbagai tahap. Pertama, Lidi Foundation melakukan pengenalan dan sosialisasi program kepada masyarakat desa. Kemudian, mereka melakukan pelatihan dan bimbingan dalam pengorganisasian SHG serta pengembangan keterampilan dan pengetahuan ekonomi.


Peran Lidi Foundation dalam Pengembangan Ekonomi Desa


Lidi Foundation memiliki peran yang besar dalam pengembangan ekonomi desa. Melalui program-program seperti DIGNITY, Lidi Foundation mendorong pemberdayaan masyarakat desa melalui pengembangan sektor ekonomi. Dengan memberikan pendampingan dan bimbingan dalam pembentukan SHG, masyarakat desa dapat mengembangkan usaha-usaha mikro dan meningkatkan pendapatan mereka.


Selain pendampingan dalam pembentukan SHG, Lidi Foundation juga melakukan strategi-program lain untuk mendukung pembangunan ekonomi desa. Mereka bekerja sama dengan pemerintah daerah dan mitra lainnya dalam mengimplementasikan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan akses pasar, meningkatkan kualitas produk, dan memberikan pelatihan keterampilan.


Program-program yang dilakukan oleh Lidi Foundation tersebut telah memberikan dampak positif bagi masyarakat desa. Dengan adanya SHG, masyarakat desa dapat saling mendukung dalam menghadapi tantangan ekonomi. Mereka juga memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang membantu dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup mereka.


Dengan terus melakukan pendampingan dan pembinaan dalam pembentukan SHG serta mengimplementasikan program-program pembangunan ekonomi desa, Lidi Foundation berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan perekonomian masyarakat desa di Desa Selebung Ketangga dan Desa Ketangga Jeraeng Kecamatan Keruak. Dengan adanya upaya kolektif ini, diharapkan masyarakat desa dapat meraih kesejahteraan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.