Latih Kepekaan Sejak Dini, SDN 8 Buwun Mas Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan 1445 H

0


 Sekotong, - Bulan Ramadhan Bulan Yang Mulia, semua amalan kebaikan dilipatgandakan, semua ikhtiar di balasan ganjaran yang penuh rahmat dan ampunan. Ramadhan 1445 H terasa spesial bagi Keluarga Besar SDN 8 Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat karena bisa melaksanakan kegiatan bagi-bagi takjil kepada warga sekitar. Kegiatan ini berlangsung pada Senin hari ke-14 Ramadhan (25/3/2024). 

 Kepala SDN 8 Buwun Mas Aji Bangun Saputro, S.Pd.Gr menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan keluarga besar SDN 8 Buwun Mas berupa berbagi takjil kepada warga. Ini kegiatan pertama kali diadakan di SDN 8 Buwun Mas hasil inisiatif dari Guru dan siswa. Kegiatan positif ini akan terus dilaksanakan setiap tahun pada bulan Ramadhan.  "Baru tahun ini kegiatan bagi-bagi takjil pada bulan Ramadhan dilaksanakan oleh SDN 8 Buwun Mas, semoga tahun-tahun berikutnya kegiatan ini tetap dilaksanakan. Dalam tahapan persiapan kegaiatan semua unsur sekolah dilibatkan baik Guru dan siswa," Ujarnya.  

 Kepala SDN 8 Buwun Mas Aji Bangun Saputro, S.Pd.,Gr menerangkan tujuan diadakan kegiatan bagi takjil adalah meningkatkan rasa kekeluargaan antara guru dan siswa dan membangun silaturahmi bersama warga sekitar.   "Dari kegiatan ini anak-anak khususnya siswa SDN 8 Buwun Mas Dari kelas 1 sampai kelas 6 sangat gembira dalam melaksanakan kegiatan, anak-anak memberikan secara sukarela takjil berupa Kolak," lanjutnya.   

Kepala SDN 8 Buwun Mas Aji Bangun Saputro,  S.Pd.,Gr menambahkan bahan pembuatan Kolak ini berasal dari hasil kebun siswa SDN 8 Buwun Mas. Kemudian diolah oleh siswa langsung didampingi oleh guru dalam pelaksanaan program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Momentum bulan Ramadhan 1445 H dimanfaatkan sebagai bagian dari proses kemandirian dan kepekaan siswa dalam berempati kepada sesama.   "Bahan kolak ini berasal dari kebun siswa dan pengolahannya didampingi oleh guru.

 Ini merupakan bagian dari pelaksanaan P5," tutupnya.  Suhendra, S.Pd. Guru SDN 8 Buwun Mas Kec. Sekotong memberikan apresiasi dan rasa bangga terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa dan guru. Ini sebagai wahana pembentukan karekter yang baik bagi siswa. 

Melatih kepekaan sosial sejak dini dan menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.  "Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, semua anak sangat bahagia diajak untuk berbagi, hebatnya lagi semua takjil yang dibagi adalah buah karya mereka dengan bahan makanan yang diambil dari kebun mereka sendiri," jelasnya.   

Setelah kegiatan berbagi takjil Kepala Sekolah dan semua guru beserta siswa melaksanakan buka puasa bersama di Masjid Nurul Jibal Dusun Pangsing Desa Buwun Mas dengan beberapa warga termasuk ketua Komite SDN 8 Buwun  Mas. Bertepatan juga malam hari dilaksanakannya acara peringatan Nuzulul Quran.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.