Hari Amal Bhakti Ke 78 , Umat Beragama Bersatu dan Bersinergi Untuk Membangun Indonesia Hebat

0


LOMBOK BARAT, -  Kementerian Agama (Kemenag) merayakan Hari Amal Bhakti (HAB) yang ke-78. HAB merupakan hari berdirinya Kemenag sebagai lembaga negara yang bertanggung jawab atas urusan keagamaan di Indonesia. Dalam rangka HAB, Kemenag mengusung tema “2024 Indonesia Hebat Bersama Umat”. Rabu (3/1/2024).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lombok Barat, Drs. H. Haryadi Iskandar, menjelaskan tema tersebut mengandung makna bahwa Indonesia dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan jika umat beragama dapat hidup rukun dan harmonis.

 “Kami di Kemenag memiliki tugas untuk mengelola umat beragama agar dapat berkontribusi bagi Indonesia hebat. Kami memiliki tujuh program rutin yang kami laksanakan, dan salah satu yang menjadi prioritas adalah moderasi beragama,” ujarnya.

Menurut Haryadi, moderasi beragama adalah sikap tengah atau moderat dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama, tanpa terpengaruh oleh paham ekstrim atau liberal.

“Untuk mendorong moderasi beragama, kami membentuk relasi umat beragama, yaitu dua orang relawan di setiap desa yang bertugas menyosialisasikan pentingnya menjaga keamanan, keutuhan, Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI kepada umat beragama di desa mereka,” katanya.

Haryadi menambahkan, moderasi beragama juga sangat relevan dalam konteks pemilu yang akan digelar pada bulan Februari 2024.

 “Kami membutuhkan keamanan dan kedamaian agar pemilu dapat berlangsung lancar. Relawan moderasi beragama juga berperan untuk menenangkan umat beragama agar tidak terlibat dalam konflik, kerusuhan, atau hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas nasional. Kami menghargai perbedaan sebagai kekayaan, dan kami tidak dapat memaksa orang untuk berpindah agama atau keyakinan,” katanya.

Haryadi berharap, dengan moderasi beragama, umat beragama dapat bersatu dan bersinergi untuk membangun Indonesia yang hebat. “Ini adalah komitmen kami di Kemenag, khususnya di Kabupaten Lombok Barat, untuk menjaga kondusifitas dalam rangka pemilu 2024,” tutupnya.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.