Unram Luluskan 978 Wisudawan Pada Wisuda Periode Desember 2023

0


 Mataram, NTB – Wisuda Universitas Mataram (Unram) periode Desember 2023 dilaksanakan selama satu hari dengan jumlah lulusan 978 orang, terdiri atas 36 orang Magister, 909 orang Sarjana, 9 orang Profesi dan 24 orang Diploma di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram pada Selasa (12/23).

Tercatat sebesar 10,76% wisudawan/wisudawati program Sarjana memperoleh predikat Cumlaude. Sedangkan, dari total wisudawan/wisudawati lulusan program Magister 27,50% memperoleh predikat Cumlaude.
Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. mengapresiasi kerja keras wisudawan/wisudawati dan memberikan ucapan selamat kepada para orang tua yang hadir. Dalam pidatonya, Prof. Bambang menekankan agar para lulusan Unram harus mampu menjadi pembelajar handal yang kompeten, cerdas, lincah dan adaptif menangkap peluang, serta siap menghadapi tantangan masa depan yang terus meningkat seiring kemajuan Ipteks.

“Kondisi saat ini memaksa kita untuk tumbuh cerdas dengan literasi teknologi dan literasi baru lainnya guna menambah berbagai skill Saudara-Saudara yang mencakup problem solving, creative, communicative, collaborative, berkarakter kebangsaan, dan berwawasan,” jelas Prof. Bambang.
Tak lupa juga Rektor ke-10 Unram itu juga mengingatkan bahwa lulusan Unram harus mampu menjadi job creator, bukan job seeker, yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif, memiliki hard skill dan soft skill, dan dilengkapi dengan jiwa leadership dan kepribadian yang kuat.

Selain itu, dalam pidatonya Prof. Bambang juga membawa dua kabar baik di antaranya adalah keberhasilan Unram meraih rangking 15 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dan meningkatnya jumlah guru besar Unram dari yang awalnya 62 melonjak menjadi 96 orang.

Di akhir pidatonya, Prof. Bambang menyampaikan kutipan dari Thomas J. Stanley, Ph.D. (pakar bisnis USA), "Kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh IPK semata maupun almamater top tempat belajarnya, melainkan ditentukan oleh soft skill yang dimiliki seperti kejujuran, kedisiplinan, kecerdasan bergaul, kerja keras, cinta terhadap pekerjaan, leadership yang kuat serta kepribadian kompetitif dan kreatif.”

Tidak hanya memberikan semangat dan motivasi, Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu turut memberikan penampilan memukau dengan menyanyikan lagu-lagu daerah Sumbawa berjudul "Poto Tano" dan lagu "Kucinta Kau Apa Adanya" dari musisi Once Mikel berkolaborasi dengan mahasiswa Unram.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.