Situs Pedewaq Simbol Kerukunan Umat Beragama di Desa Kuripan Selatan

0

 


Desa Kuripan Selatan memiliki keunikan tersendiri terletak sebelah timur lereng gunung sasak, Memiliki penduduknya mayoritas Muslim dan tidak ada satupun penduduk Hindu namun terdapat Pura atau situs Pedewaq ditengah pemukiman warga, Kepala Desa Kuripan Selatan Satriawan saat dikonfirmasi awak media membenarkan dan menceritakan tentang keberadaan pura Plabu, situs Pedewaq ini terletak di Dusun Plabu Desa Kurirpan Selatan  merupakan situs yang sudah lama terbangun di desa ini dan menjadi simbol toleransi antar umat beragama.   

"Mungkin desa kami paling unik di Indonesia karena mayoritas penduduk kami Muslim tapi ada Pure dan kerukunan dan toleransi ketika umat Hindu hadir merayakan ritual mejaji dan masyarakat kita juga hadir saat ritual itu" Cerita Satriawan.   


Keberadaan pure ini tidak pernah menjadi konflik antara masyarakat Muslim dan Hindu sejak lama berdiri bahkan setiap ritual itu dulu masyarakat kami yang Muslim hadir di tengah-tengah ritual, pure itu pun terbagi menjadi dua bagian disebelah timur khusus untuk umat Hindu dan sebelah barat itu sering digunakan oleh umat muslim dulu ketika acara ritual berlangsung.   

"Dulu ketika diadakan ritual maka umat Hindu datang melaksanakan ritual dan masyarakat  hadir saat pelaksanaan ritual yang biasanya terjadi ketika paska panen" Paparnya.   

Keberadaan situs Pedewaq pura Plabu yang sudah berabad-abad ini rencananya kepala desa Kuripan Selatan bersama tokoh-tokoh akan membentuk awik-awik Perdes tentang situs Pedewaq ini dan mendukung moderasi beragama masyarakat khususnya Desa Kuripan Selatan.  

"Kita ingin menjaga dan memberikan pemahaman kepada generasi mendatang tentang toleransi sudah sejak lama terbangun dan terjalin di desa Kuripan Selatan. Tutup Satriawan. (ram)

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.