Sambut HUT ke-24 DWP Lobar Salurkan Bansos di Daerah Terpencil

0

Sekotong, Humas DWP Lobar - Bertempat di SDN 11 Buwun Mas, Desa Persiapan Pengantap Kecamatan Sekotong, pada hari Sabtu (2/12/2023) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lombok Barat turun langsung memberikan bantuan kepada anak-anak murid di daerah terpencil dan pelosok dalam menempuh pendidikan. Hal ini sebagai bentuk dukungan langsung DWP Lobar kepada Pemerintah Daerah dalam dunia pendidikan.


Rombongan Baksos dipimpin langsung oleh Ketua DWP Lobar, Hj. Erni Zuhara Ilham beserta para pengurus, turut hadir juga Asisten III Setda. Lobar Drs. M. Hendrayadi, Haerudin (Sekretaris Dikbud Lobar) , Sekretaris Dikes Lobar, Camat Sekotong, Camat Lembar, Ketua DWP UP OPD, Ketua DWP UP kecamatan yang turun langsung memberikan bantuan kepada murid dan guru di SDN 11 Buwun Mas. Meskipun melalui medan ekstrem, tapi tidak menyurutkan semangat para pengurus DWP, dan mengingat medan yang ekstrem ini kegiatan Baksos DWP Lombok Barat kali ini bekerja sama dengan Ves Community atau Vescom, yang merupakan komunitas mobil off road.

Ketua DWP Lobar, Hj Erni Zuhara Ilham, menyampaikan bahwa dirinya sering mengunjungi masyarakat guna memberikan bantuan sosial, namun kali ini ia sengaja memilih sekolah yang jauh dan melewati medan ektrem, hal ini dilakukan supaya bisa merasakan bagaimana para tenaga pendidik dan anak didik di daerah pelosok ini berjalan menuntut ilmu melewati medan ekstrem.

“Sungguh pengalaman  yang tak terlupakan dalam menyalurkan bantuan secara langsung yang melewati medan ekstrem, tapi menyenangkan,”tuturnya.

Dibalik apa yang kita jalankan hari ini, bukan semata-mata kita berbagi rezeki sesungguhnya tetapi juga kita membangun semangat, membangun kepedulian terhadap masa depan bangsa kita terutama lewat jalur pendidikan ini.
Ia mengatakan, kegiatan ini juga adalah dalam rangka HUT DWP ke-24, jadi kami juga ingin terus membangun kebersamaan, membangun persatuan diantara anggota DWP Lobar sehingga apapun program pemerintah kita wajib ikut mendukung sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas kita.

"Inilah cara kita mendukung pemerintah kita, memberikan motivasi, semangat, dan inspirasi bagi anak-anak negri yang berada di daerah terpencil dan jauh,"terangnya.
"Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari setiap kegiatan DWP LOBAR dlm  membangun kebersamaan menguatkan persatuan dalam segala kondisi terutama empati dan simpati kita terhadap saudara kita nun jauh di sana yg belum cukup menikmati hasil pembangunan berupa kemudahan fasilitas, sarana dan prasarana pembangunan seperti yg kita rasakan. InsyaAllah keikhlasan kita berbagi kpd mereka menjadi amal jariyah yg tercatat kelak di yaumil akhir dan terimakasih dan apresiasi kepada ibu-ibu semuanya dan berbagai pihak yg telah berperan mensupport kegiatan kita, semoga Allah meridhoi semua" tutupnya.

Wakil Ketua III DWP Lobar Ny. Anni Nanang Sigit dalam laporannya mengatakan, kegiatan Baksos ini adalah program rutin DWP Lobar tiap tahunnya, dan untuk tahun ini istimewanya kita melaksanakannya 2 kali di tempat yang berbeda yaitu di awal tahun dilaksanakan di SDN 2 Sekotong Timur Dusun Aik Mual, Kecamatan Lembar dan yang kedua disini di SDN 11 Buwun Mas, Kecamatan Sekotong.

Ia mengatakan, dalam kegiatan bakti sosial DWP kali ini pihaknya menyalurkan bantuan berupa peralatan sekolah dan seragam olahraga sejumlah 45 paket untuk murid, 11 paket untuk guru serta 2 santunan untuk guru honor ,”ini yang berhasil kami kumpulkan dari donasi ibu ibu pengurus dan Ketua DWP UP dilingkup Lombok Barat”ujarnya.


Selain bantuan sosial untuk murid, DWP Lobar juga menyiapkan bantuan sembako kepada guru SDN 11 Buwun Mas dan makanan sehat kepada anak-anak,”lanjut dia. Makanan sehat ini diharapkan untuk tumbuh kembang anak supaya terhindar dari stunting. Ia menyebut, donasi yang berhasil terkumpul dari DWP sebesar Rp 14.625.000. Dana itu diberikan dalam bentuk paket perlengkapan sekolah, seragam olahraga, paket Snack atau makanan sehat, sembako dan santunan untuk guru honor.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat yang diwakili Sekretaris Dikbud menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Baksos yang dilakukan oleh DWP Lombok Barat serta menegaskan komitmen dan dukungan pemerintah daerah dalam membangun bidang pendidikan melalui Dinas Dikbud.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 11 Buwun Mas mengucapkan selamat datang kepada ibu ibu rombongan DWP Lombok Barat yang luar biasa semangatnya dan itu juga sebagai penyemangat kami bagi guru guru disini. Kami ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas keikhlasan bapak/ibu untuk datang mengunjungi kami di tempat yang jauh ini dan bermedan ekstrem.

"Bagi kami guru-guru disini adalah tempat kesenangan kami, karena kami menjalaninya dengan senang hati dan memang sudah terbiasa melewati medan ekstrem ini, dan mungkin ibu ibu dapat melihat  inilah keadaan kami, keadaan sekolah kami. Dari keikhlasan para rombongan ke tempat kami ini kami atas nama rekan rekan guru, tokoh tokoh masyarakat serta anak anak murid kami sangat berterimakasih dan mohon maaf atas segala kekurangan kami.

Saya merasa terharu dan berterima kasih, karena DWP sangat peduli kepada sekolah terpencil. Tercatat baru kali ini kami menerima bantuan yang disalurkan langsung kepada kami, seperti inilah keadaan sekolah kami, tuturnya.
Selain menyalurkan bantuan murid-murid juga diberikan sosialisasi cara merawat gigi yang benar serta perilaku hidup bersih dan sehat yakni cara mencuci tangan yang baik, sosialisasi ini disampaikan oleh Bidan Pendidikan DWP Lobar.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.