Prestasi Gemilang! Unram Dinobatkan sebagai Badan Publik “Informatif” oleh KIP RI

0


 Mataram, NTB – Universitas Mataram (Unram) berhasil dinobatkan sebagai Badan Publik “Informatif” oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI) pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta pada Selasa (19/12).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua KIP RI, Donny Yoesgiantoro kepada Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dengan disaksikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, K. H. Ma’ruf Amin.

Prestasi gemilang ini menandai komitmen Unram dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik, memberikan akses yang luas kepada masyarakat, serta menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas. Keberhasilan Unram meraih penghargaan Badan Publik “Informatif” mencerminkan upaya berkelanjutan dalam memberikan informasi yang jelas, akurat, dan mudah diakses kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat umum.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unram mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas penghargaan ini. Ia menyatakan bahwa prestasi ini bukan hanya hasil kerja keras Rektor, tetapi merupakan kerja keras seluruh civitas akademika Unram. Penghargaan ini menempatkan Unram sebagai salah satu dari sedikit perguruan tinggi negeri yang meraih predikat tertinggi dalam keterbukaan informasi publik.
Prof. Bambang menjelaskan bahwa Unram memperoleh predikat “Informatif” dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2023. Terdapat lima urutan predikat keterbukaan informasi publik, yakni “Informatif”, “Menuju Informatif”, “Cukup Informatif”, “Kurang Informatif”, dan “Tidak Informatif”. Unram berhasil menduduki peringkat tertinggi, mencerminkan keterbukaan dan transparansi informasi yang diterapkan oleh universitas.

"Penghargaan ini menunjukkan bahwa Unram telah terbuka terhadap apa pun yang menyangkut data dan informasi yang berhak diketahui oleh publik. Keterbukaan ini merupakan bagian dari dukungan Unram dalam membangun bangsa ini menjadi bangsa yang demokratis, terbuka terhadap informasi, dan memberi pelayanan informatif kepada semua khalayak yang membutuhkannya," ungkap Prof. Bambang.

Penghargaan sebagai Badan Publik “Informatif” menjadi penyemangat bagi Unram untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan informasi publik.

“Mudah-mudahan semua pihak civitas akademika Unram baik di jajaran rektorat, dekanat, lembaga-lembaga sampai prodi betul-betul menjalankan keterbukaan informasi terhadap publik tidak hanya kepada mahasiswa tetapi juga kepada publik,” imbuhnya.

Rektor Unram turut menggarisbawahi peran Humas Unram yang luar biasa dalam mendukung keterbukaan informasi publik. Rektor menyampaikan rasa bangganya terhadap kinerja Humas yang berkontribusi besar dalam memperoleh penghargaan dari KIP RI. Dengan keyakinan dan semangat yang tinggi, Prof. Bambang menyampaikan optimisme terhadap masa depan Unram yang gemilang di dunia perguruan tinggi Indonesia.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.