PEMKAB LOBAR GELAR UPACARA PERINGATAN HUT NTB KE-65 DENGAN PENUH HIKMAD

0


Giri Menang – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Nusa Tenggara Barat ke 65. Upacara ini dilaksanakan di Kantor Bupati Lombok Barat Giri Menang-Gerung Senin (18/12/2023).


Upacara Bendera HUT NTB Ke-65 ini dihadiri oleh Sekda Lombok Barat, Kepala OPD, Kepala Bagian, Sekretaris Dinas dan Seluruh ASN Lombok Barat. Dalam upacara ini bertindak selaku pembina upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H. Ilham, S.Pd, M.Pd.

Dalam Upacara ini H. Ilham selaku Pembina upacara menyampaikan sambutan tertulis dari Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Lalu Gita Aryadi. Dalam sambutannya Gubernur mengatakan bahwa dalam suasana yang penuh kebahagiaan ini, perkenankan Saya mengajak kita semua, sebagai bagian dari masyarakat Nusa Tenggara Barat, yang hidup dan memiliki ikatan emosional dengan daerah ini, untuk senantiasa bersyukur atas nikmat pembangunan yang telah ALLAH SWT. berikan, melalui perantara ikhtiar, karya, dan pengabdian kita bersama.


Semoga eksistensi, kebanggaan, dan kecintaan pada daerah ini tetap bersemi dalam benak seluruh masyarakat NTB. Sehingga kita dapat menata pembangunan berkelanjutan saat ini dan pada masa mendatang dalam suasana penuh kebersamaan, kekeluargaan dan kedamaian. 
 
Momentum peringatan HUT NTB kali ini memiliki makna khusus bagi Saya, dimana Saya diamanahi sebagai Penjabat Gubernur NTB pasca dilantik Menteri dalam negeri pada 19 September 2023 lalu. Untuk memegang kendali pemerintahan transisi di Provinsi NTB sampai dengan batas waktu penugasan yang telah di atur undang-undang dan peraturan-peraturan lainnya.

Makna khusus lainnya, peringatan HUT NTB kali ini serasa berbeda karena dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa untuk menunjukkan bahwa Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa adalah satu kesatuan, yaitu Nusa Tenggara Barat.
Kehadiran kita disini untuk memperkuat jalinan silaturrahmi dan mendekatkan pemerintah dengan masyarakat di seluruh Kabupaten / Kota.

Mengawali amanah sebagai Penjabat Gubernur, langkah pertama menapaki perjalanan dalam mewujudkan cita-cita besar membangun NTB, kami kemas dalam spirit baru "NTB Maju Melaju".
Semangat ini hadir sebagai proses akselerasi yang tidak hanya sekedar manjaga momentum pembangunan yang sudah ditorehkan oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya tetapi bagaimana terus memacu akselerasi pembangunan kedepannya.

Untuk itu, program inovatif menjadi cara pembuktian dalam ikhtiar membangun yang progresif melalui terobosan baru yang kami inisiasi, yaitu program “Jumat Salam”.
Jumát Salam akronim dari “Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat”, merupakan usaha Pemerintah Provinsi NTB untuk mengetahui kehidupan masyarakat serta mencari solusi terhadap setiap permasalahan di masyarakat, yang dilaksanakan di semua desa/kelurahan di seluruh wilayah NTB.
Program ini bertujuan untuk menanggulangi isu-isu strategis nasional di daerah yakni percepatan penurunan stunting menuju 14% tahun 2024; penghapusan kemiskinan ekstrim menuju nol tahun 2024; dan peningkatan produktivitas daerah 2,7% menjadi 4,1% terhadap PDB nasional.


Selain itu, secara khusus program ini juga dihajatkan untuk mensosialisasikan pemilu damai di tengah-tengah masyarakat serta mendukung produk-produk lokal dengan menggalakkan gerakan bela beli produk lokal, guna menggerakkan ekonomi masyarakat melalui program Jumát Blondong/sarung produk lokal NTB. Di kesempatan yang baik ini, Saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Kabupaten/Kota dan masyarakat NTB, yang sangat menyambut baik dan mendukung penuh program inovatif yang kami hadirkan ini.

Selama 65 tahun, Nusa Tenggara Barat telah mengalami berbagai kemajuan signifikan di berbagai sektor. Dari pertumbuhan ekonomi yang membaik setelah melewati rangkaian cobaan yang menerpa, hingga peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta perbaikan pembangunan berbagai infrastruktur.

Alhamdulillah, pada bulan Oktober yang lalu, NTB berhasil meraih capaian positif dalam pengendalian inflasi. NTB masuk dalam 10 besar provinsi dengan inflasi terendah di Indonesia sebesar 2,66 year on year (yoy). Sementara angka inflasi gabungan month to month (mtm) NTB di bawah angka inflasi nasional sebesar 0,34%.

Demikian halnya, NTB kembali sukses mengelar berbagai perhelatan akbar Moto GP, MXGP Samota dan Selaparang, Festival Fashion atau Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) dan berbagai Event Mice skala Nasional dan Internasional. Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan kesuksesan dalam aspek penyelenggaraan semata, melainkan juga memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi dan pariwisata.

NTB juga berhasil meraih berbagai penghargaan dan prestasi skala nasional, antara lain: masuk dalam 3 besar nasional penghargaan Anindhita Wistara Data dari BPS RI atas Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), kategori baik, bersama dengan DKI Jakarta dan Bali. Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023, sebagai pemerintah daerah terinovatif klaster provinsi dari Kementerian Dalam Negeri RI. Anugerah meritokrasi kategori baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), atas keberhasilan Pemerintah Provinsi NTB dalam menerapkan sistem merit pada Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).
Dalam bidang penyiaran, Pemerintah Provinsi NTB meraih penghargaan anugerah KPI 2023, kategori pemerintah daerah peduli penyiaran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pusat.
Dalam bidang pariwisata, Pj. Gubernur NTB menerima penghargaan berupa Lencana Abdi Desa Wisata.

Selain itu, NTB juga meraih predikat terbaik pertama Indonesia Muslim Travel Indek (IMTI) Award dari Kemenparekraf RI. NTB adalah destinasi wisata ramah muslim terbaik di di Indonesia. Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 klaster provinsi, NTB meraih penghargaan top 45 inovasi pelayanan publik terpuji dari Kemenpan-RB melalui Program Inovasi Pepadu Plus. Provinsi NTB juga meraih juara 3 kategori daerah yang melakukan implementasi kebijakan dan regulasi turunan perda rued provinsi pada penghargaan anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) 2023.

Selanjutnya, dalam pendaftaran sistem elektronik lingkup publik tingkat provinsi se-Indonesia, Pemerintah Provinsi NTB mendapatkan penghargaan sebagai instansi teraktif urutan kedua, setelah Jawa Barat pada urutan pertama dan Jawa Tengah pada urutan ketiga. Besok pada selasa sore, tanggal 19 desember 2023 di Istana Wakil Presiden RI, Pemerintah Provinsi NTB kembali mendapatkan predikat provinsi informatif, bersama 14 provinsi lainnya, dalam penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023.

Segenap masyarakat NTB yang Saya cintai, 
Seluruh pencapaian prestasi pembangunan ini adalah buah kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, sebagai sebuah revolusi tindakan dan kebijakan. Prestasi-prestasi membanggakan yang kita raih saat ini tentu merupakan buah manis dari kerja keras dan kerja cerdas yang telah digagas pemimpin-pemimpin terdahulu.
Ke depan, tantangan dan hambatan tetap membutuhkan sinergi kita bersama untuk terus berikhtiar mewujudkan NTB yang Maju Melaju.

Mari kita pererat silaturrahmi, persatuan dan kesatuan antar anak-anak bangsa, terlebih di tahun politik 2024 yang akan datang, kita akan melaksanakan pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat. Oleh karena itu, dalam menghadapi tahun politik ini, Saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat NTB untuk berpartisipasi aktif mendukung pelaksanaan pemilu dalam suasana yang kondusif, aman, damai dan harmonis.

Hargai perbedaan pilihan politik, tolak politisasi uang (black campaign), gunakan media sosial secara bijak dengan tidak menyebar hoax dan ujaran kebencian yang dapat berpotensi memecah belah sesama anak bangsa. Suksesnya pemilu di daerah kita adalah cermin dari kebersamaan kita sebagai warga Nusa Tenggara Barat, dimana demokrasi dapat tumbuh subur tanpa mengorbankan persatuan dan kesatuan kita. Janganlah persatuan dan kesatuan kita korbankan demi sebuah perbedaan yang sesaat. Demokratisasi berjalan, suasana tetap aman damai, tujuan dapat tercapai. Kondisi seperti ini sejalan dengan sesenggak Sasak ”tunjung tilah, aiq meneng, empaq bau”, atau dalam lawas samawa ”bosang berisi ramang no berek”.

Segenap masyarakat NTB yang Saya cintai dan Saya banggakan. Akhirnya, melalui peringatan hari yang bersejarah ini, perkenankan sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada segenap masyarakat NTB dan seluruh pemangku kepentingan, atas dedikasi dan kontribusinya membangun NTB.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.