Jumat Salam ke 7 ! Dinas Pariwisata Provinsi NTB Terima Masukan Asosiasi Hotel dan Pokdarwis

0

 


Lombok Utara - Momentum Jumat Salam Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat ke 7 dilaksanakan di Kabupaten Lombok Utara pada tanggal 8 Desember 2023. Dimana Seluruh OPD turun langsung ke Desa Binaan masing-masing.

Tak ketinggalan Dinas Pariwisata Provinsi NTB juga berkesempatan turun langsung ke Desa Binaannya yaitu Desa Gili Indah, Tim Dispar tersebut diantarannya Kepala Bidang Destinasi Chandra Aprinova, Kepala Bidang SDM dan Kelembagaan Mawardi, Kepala Bidang Ekraf Lalu Surya Mulawarman, Kepala UPTD Tramena Mawardi Khairi, Kepala UPTD Islamic Center Sahnan.

Tim Dinas Pariwisata tersebut berkolaborasi melihat persoalan yang terjadi di Desa Gili Indah dengan didampingi oleh Kepala Desa Gili Indah, Ketua Asosiasi Pengusaha Hotel Gili dan Pokdarwis setempat.

Kepala Desa Gili Indah mengusulkan kepada Dinas Pariwisata Provinsi NTB terkait dengan peningkatan Sarana Jalan, Penertiban Kendaraan Listrik, Suplay Air Bersih, Penguatan Pokdarwis dan Pengelolaan Sampah yang saat ini menjadi persoalan di Gili Trawangan.
Kepala Bidang Destinasi Chandra Aprinova menerima masukan tersebut, dimana nantinya akan mencoba melakukan komunikas dengan beberapa steakholder terkait.

"Tadi kita sudah mendengarkan keluhan pengelola hotel dan cafe, akibat dari sering terjadinya naik turun tegangan listrik. bahkan sampai jeglek dan mati. ini kan sangat berpengaruh terhadap usaha mereka" ucap chandra.
Tidak hanya itu, sampah juga menjadi persoalan bagi Tempat Wisata, terlebih di musim hujan luapan air sungai yang membawa sampah ke laut dan dapat mengganggu ekosistem laut.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang SDM dan Kelembagaan Mawardi Terkait dengan Pengelolaan Sampah dan Penguatan Pokdarwis.
"Sampah ini menjadi momok bagi semua, Insyaallah nanti kita akan memberikan pelatihan tentang pengelolaan sampah kepada pengelola wisata setempat" ucap Mawardi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Hotel Gili juga mengeluhkan masih banyaknya terdapat Guide-guide liar yang belum memiliki ijin atau yang biasa di sebut broker. terlebih memasuki fase liburan akhir tahun.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.