Hebat ! Unram Borong 4 Penghargaan Prestasi di Anugerah Diktiristek 2023

0

 


Mataram, NTB – Universitas Mataram (Unram) kembali meraih keberhasilan gemilang dalam ajang Anugerah Diktiristek 2023 yang berlangsung Rabu malam (13/12) kemarin di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Anugerah Diktiristek ini merupakan ajang apresiasi yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) sebagai unit utama di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbutristek).

Unram memborong sebanyak 4 (empat) penghargaan prestisius dalam malam puncak penganugerahan tersebut. Dan kategori-kategori penghargaan yang berhasil diraih oleh Unram, yaitu Anugerah Kelembagaan: PTN dengan Usul Pembukaan Prodi Direkomendasikan Terbanyak 2023 GOLD WINNER, Anugerah Humas: Sub Kategori Laman SILVER WINNER, Anugerah Humas: Sub Kategori Majalah BRONZE WINNER, dan Anugerah Humas: Sub Kategori Media Sosial BRONZE WINNER.
Dalam malam Anugerah Diktiristek 2023, plt. Direktur Jenderal Diktiristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng. menyampaikan, “pada malam hari ini kita juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis, pimred, media, serta humas perguruan tinggi atas kerja keras, kolaborasi dan kerja sama yang sangat erat kepada Kemendikbudristek khususnya Dirjen Diktiristek. Semoga sedikit apresiasi di akhir tahun ini memperkuat semangat kita untuk memasuki tahun 2024 dengan semangat yang semakin tinggi untuk kemajuan bangsa dan negara”.

Adapun beberapa kategori dalam malam Anugerah Diktiristek 2023 mencakup Anugerah Prioritas Nasional, Mitra Kerja Sama, Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sumber Daya, Kelembagaan, Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Jurnalis dan Media.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini.

“Saya sangat bangga, baru kali ini Unram mendapatkan langsung empat penghargaan. Ada yang gold, silver, dan dua bronze. Dibanding dengan tahun lalu, kita hanya mendapat satu bronze. Artinya, kita Unram ini terus berbenah diri, terus membangun, dan memperbaiki kekurangan kita. Sehingga kita mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain,” ujar Rektor Unram.

Prof. Bambang menuturkan dari seluruh perguruan tinggi BLU di Indonesia, Unram mendapatkan penghargaan gold dalam kategori PTN dengan Usul Pembukaan Prodi Direkomendasikan Terbanyak 2023. “Artinya, perkembangan prodi kita ini luar biasa. Itupun sebagian besar dari Fakultas Kedokteran. Di mana nanti prodi-prodi di bawah Fakultas Kedokteran itu nanti dapat menampung para dokter untuk melanjutkan studinya di jenjang spesialis,” ungkapnya.

“Di samping itu, salah satu prodi S-3 yang sudah kita dapatkan yakni Pertanian Berkelanjutan. Ini juga menjadi bagian di mana kita meningkatkan kualitas Unram, di mana program spesialis, baik program-program S-2, S-3, itu menjadi bagian yang terus kita kembangkan. Sehingga kita bisa menjadi pusat pembelajaran tidak hanya untuk regional NTB, tetapi juga untuk level nasional,” imbuh Guru Besar Fakultas Pertanian Unram.
Prof. Bambang menyatakan kebanggaanya karena penghargaan-penghargaan ini merupakan bentuk bagian dari prestasi yang sudah diukir.

“Apa artinya sebuah penghargaan tanpa prestasi, tetapi prestasi itulah sebagai esensi dari penghargaan tersebut. Prestasi di mana kehumasan kita, dulu mungkin hanya menjadi tukang foto. Sekarang kita bisa bayangkan humas bisa mendapatkan tiga penghargaan, ini luar biasa. Dari hanya satu kemudian menjadi tiga, ini merupakan prestasi yang luar biasa untuk humas,” tuturnya.

Rektor Unram turut mendorong humas menjadi suatu kelembagaan yang tidak hanya menyebarluaskan informasi tetapi juga ikut membangun citra Unram di dunia luar, menjelaskan kepada masyarakat berbagai hal yang telah dilakukan Unram, serta kontribusi Unram terhadap masyarakat. Di samping prestasi yang telah diraih, Rektor Unram terus mengingatkan agar tidak cepat berpuas diri, karena masih banyak award lain yang bisa didapatkan Unram. Di mana Unram juga senantiasa berusaha melihat kekurangan-kekurangan di bagian lain untuk terus diperbaiki.

“Mudah-mudahan di tahun 2024 ke depan, semakin banyak hal yang bisa kita perbaiki dan tingkatkan. Sehingga Unram terus berkibar di level nasional dan Unram semakin dikenal. Saya ucapkan terima kasih kepada adik-adik humas, terima kasih juga kepada mereka yang bekerja untuk meningkatkan jumlah prodi kita, di mana prodi-prodi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan juga terima kasih kepada pihak-pihak lain yang mendukung sampai kita berhasil meraih prestasi yang membanggakan tersebut,” pungkas Prof. Bambang.
    
Terakhir, Rektor ke-10 Unram turut mengajak seluruh civitas akademika Unram untuk ikut menorehkan prestasinya demi mewujudkan visi dan misi Unram, serta memberikan kontribusi nyata dalam membentuk masa depan pendidikan tinggi yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.