BAZNAS LOBAR SALURKAN ZIS KEPADA LKSA, KUBE DAN ASHNAF SABILILLAH.

0




Giri Menang - BAZNAS Lombok Barat Mendistribusikan ZIS Kepada LKSA Se-Kab. Lombok Barat, Kelompok Usaha Produktif dan Asnaf Fisabilillah Tahun 2023. Acara ini berlangsung di Aula BLK Disnakertrans Kab. Lombok Barat pada hari Rabu (20/12/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Kab. Lombok Barat H. Ilham, Kepala Kemenag Lobar H. Hariadi Iskandar, Ketua BAZNAS Kab. Lobar TGH. M. Taisir Azhar, MA., Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan, Kabag Kesra Setda Lobar H. Maksum dan Komisioner BAZNAS Lobar.

Sekda Lobar H. Ilham menyampaikan refleksi perjalanan BAZNAS Lombok Barat yang sudah berjalan 10 tahun. Pada awalannya hanya mengelola anggaran sebesar 2 Milyar yang bersumber dari ZIS ASN Lombok Barat. Sementara tahun ini sudah bisa mengelola dana hampir 9 Milyar. Capaian pengelolaan anggaran ini merupakan sebuah prestasi yang sangat bagus yang diraih oleh kepengurusan saat ini.

"Perjalanan BAZNAS Lobar sudah 10 tahun pada tahun awal dana cuma 2 Milyar dari ASN, tahun ini hampir mencapai 9 Milyar, ini sebuah prestasi oleh pengurus saat ini dan mudah-mudahan bisa terwujud", terangnya.


Sekda Lobar H. Ilham menjelaskan bahwa dengan kehadiran BAZNAS Lobar dirasakan sangat membantu Pemda Lobar dalam memberikan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat. BAZNAS Lobar dan Pemda Lobar berkolaborasi melalui berbagai macam program diantaranya dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan lain-lain. BAZNAS Lobar berhasil mengelola dana dengan baik untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima.

"Pemda merasa sangat terbantu oleh BAZNAS Lobar dengan berbagai program baik di dunia pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, dakwah dan lain-lain", imbuhnya.

H. Ilham mengajak masyarakat Lombok Barat dan ASN Lombok Barat untuk terus memberikan dukungan kepada BAZNAS Lobar. Dukungan bisa diberikan dalam bentuk tetap menyalurkan ZIS melalui BAZNAS Lobar, diharapkan banyak dana yang terkumpul. Sehingga BAZNAS Lobar bisa lebih banyak memberikan layanan dan program yang beragam kepada masyarakat.

"Hal ini perlu kita syukuri dan kita dukung terus pelayanan yang diberikan serta mudah-mudahan lebih banyak lagi layanan dan program yang diberikan", tutupnya.

Sedangkan Ketua BAZNAS Kab. Lobar TGH. M. Taisir Azhar, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa BAZNAS Lobar saat akan menyalurkan ZIS kepada LKSA Se-Lombok Barat, Kelompok Usaha Produktif dan Asnaf Fisabilillah sebesar 500 juta lebih. Bantuan tersebut diserahkan kepada 14 pengurus Masjid, 8 Mushala, yayasan, penyandang disabilitas, kube dan 46 LKSA.

"Kami saat ini menyalurkan bantuan dengan jumlah 531.500.000 kepada beberapa pengurus masjid, mushala, yayasan, penyandang disabilitas, kube dan 46 LKSA", terangnya.


Ketua BAZNAS TGH. M. Taisir Azhar, MA mengungkapkan bahwa selama tahun 2023 ini pihaknya berhasil mengumpulkan ZIS dari para muzakki sebanyak 8.040.860.000. Dana yang berhasil dikumpulkan tersebut telah disalurkan kepada masyarakat melalui berbagai macam program baik dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi produktif, dakwah, advokasi dan sosial.

"Pada tahun 2023 ini kami telah berhasil mengumpulkan dana sebesar 8 Milyar lebih dan telah disalurkan kepada masyarakat dengan berbagai macam program", ungkapnya.

TGH. M. Taisir Azhar, MA yang juga pengasuh Ponpes As-Showah Beleka-Gerung ini menjelaskan bahwa BAZNAS Lombok Barat telah melaunching program MAHYANI (Rumah Layak Huni) bagi masyarakat Lobar yang tidak mampu.
BAZNAS Lobar telah membangun 17 unit MAHYANI dengan anggaran sebesar 35 juta/unit.
BAZNAS Lobar juga bekerjasama dengan BAZNAS Provinsi NTB membangun 20 unit rumah di Desa Lebah Sempaga Kec. Narmada.

"BAZNAS Lobar di 2023 ini telah membangun MAHYANI sebanyak 17 unit dengan nilai 35 juta/unit. Kami juga bekerjasama dengan BAZNAS Provinsi membangun 20 unit rumah di Desa Lebah Sempaga", imbuhnya.
 
Ketua BAZNAS TGH. M. Taisir Azhar, MA menegaskan pihaknya berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan Pemda Lobar dalam membantu menurunkan dan mengentaskan kemiskinan ekstrem di Lombok Barat. BAZNAS Lobar berusaha terus terdepan memberikan pelayanan kepada ummat. Sesuai dengan target BAZNAS Pusat pada tahun 2024, BAZNAS Lobar ditargetkan mampu mengumpulkan dana sebesar 10 Milyar. Semakin banyak dana maka semakin banyak program dan manfaat yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Kami terus berkolaborasi dengan Pemda Lobar dalam pengentasan kemiskinan. Tahun 2024 BAZNAS Pusat menugaskan kami untuk minimal 10 milyar terkumpul, tahun 2023 hampir 9 milyar. Semakin banyak dana terkumpul semakin banyak yang bisa kami lakukan", tutupnya.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.