Sekolah Berkebutuhan Khusus penghasil Batik terbaik di Lombok Timur

0

 


Lombok Timur - SLB Muhammadiyah Kelayu memiliki keunikan tersendiri, Sekolah berkebutuhan khusus yang dinahkodai oleh Ahmad Zahidin Akbar, S. Pd berhasil mengajarkan dan memotivasi peserta didiknya untuk mengembangkan diri dengan bakat dan kreatifitas.

Tim media epic lombok berkesempatan mengunjungi sekolah tersebut, dan berhasil mengabadikan kegiatan dan aktivitas peserta didik yang sedang membuat dan mengembangkan kerajinan disekolahnya diantaranya Membantik, tataboga, Handmade, kerajinan olahan pertanian.

Kreatifitas yang dimiliki peserta didik SLB Muhammadiyah Kelayu tidak lepas dari semangat dan dukungan Kepala SLB Muhammadiyah Kelayu Ahmad Zahidin Akbar yang senantiasa berinovasi.

Diketahui Zahidin Akbar merupakan Kepala Sekolah termuda, sehingga tidak heran upaya yang ia lakukan untuk memajukan sekolahnya terbilang cukup kreatif.

Kepada tim media Epic Lombok, Zahidin Akbar menjelaskan proses dalam menentukan arah dalam memberikan pembelajaran Project kreatifitas peserta didik tidaklah mudah, dikarenakan harus menyesuaikan dengan kondisi sekolah dengan lingkungan sekitar.

Ia bersama guru-guru disana sepakat untuk memberikan edukasi dengan melihat 3 faktor diantaranya Kondisi geografis, kondisi sosial budaya dan kondisi ekonomi masyarakat dimana mayoritas masyarakat sekitar beerprofesi sebagai (buruh/tani/pedagang),

Dari tiga aspek tersebut, Sekolah lalu menentukan project apa yang akan dikembangkan. Sehingga lahirlah ide dan gagasan Sekolah untuk memberikan materi pembelajatan tambahan sebagai bakat dan kreatifitas peserta didik SLB Muhammadiyah Kelayu.

Dan terbukti, SLB Muhammadiyah Kelayu mampu memproduksi kerajinan yang dikerjakan langsung oleh peserta didik dengan bekerja sama dengan masyarakat sekitar.

Sebagai contoh, membuat sapu pembersih kasur yang bahannya terbuat dari lidi. Dimana Lidinya dari daun kelapa yang secara kebetulan masyarakat sekitar memiliki banyak pohon kelapa. yang kemudian sekolah membeli secara langsung ke masyarakat untuk diolah oleh peserta didik menjadi sebuah kerajinan tangan (handmade) sapu pembersih kasur.

Kerajinan lainnya seperti Membatik, hasil olahan pertanian, tas, dan tataboga.
Tidak hanya itu, SLB Muhammadiyah Kelayu juga kerap kali mengikuti Lomba LKS tingkat kabupaten.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.