Miliki Peran Setrategis Turunkan Stunting, Bupati Sumiatun Temui Pendamping PKH

0


Giri Menang - Keseriusan Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun dalam menurunkan angka stunting tidak perlu diragukan lagi. Bupati Sumiatun bergerak cepat dengan menemui pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) Dinas Sosial di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis, 16 Nopember 2023. Hadir dalam kegiatan Evaluasi Kinerja SDM Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) antara lain Bupati Lombok Barat, Staf Ahli, Kepala Dinas Sosial dan para pendamping PKH.

Ibu Atun sapaan akrab Bupati Lombok Barat dalam pengarahannya mengatakan bahwa Pendamping PKH memiliki peran sentral dan strategis dalam menurunkan angka kemiskinan dan stunting. Hal ini karena para pendamping PKH berkomunikasi serta berhubungan langsung dengan masyarakat. Sehingga para pendamping PKH tentu memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat yang dibinanya. Hal ini tentu menjadi modal besar dan modal penting bagi Pemerintah Daerah dalam memberikan keyakinan kepada masyarakat terkait dengan upaya penurunan stunting dan kemiskinan di Lombok Barat. "Pendamping PKH memiliki peran sentral dan penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait upaya penurunan stunting dan kemiskinan di Lombok Barat" ujarnya.


Ibu Atun lebih lanjut berharap agar para pendamping PKH dapat bergerak cepat dan strategis dalam mendukung upaya penurunan angka stunting dan kemiskinan di Lobar. Menurutnya Pemerintah Daerah telah memiliki berbagai program dalam upaya menurunkan angka kemiskinan dan stunting. Salah satunya adalah Gerakan Aning Solah Sugeh (Gerakan anti stunting, sekolah sampai kuliah,sukses graduasi mandiri sejahtera) yang dilakukan oleh  Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat. Selain itu ada program Gamak dan program Gemar Makan Ikan serta program lainnya. Bupati Sumiatun mengatakan bahwa program program ini diharapkan dapat menurunkan angka stunting dan angka kemiskinan. Selain itu ia juga terus mendorong semua pihak untuk terus meningkatkan kolaborasi dan kebersamaan dalam melaksanakan program. "Mari kita terus bergerak cepat dan berkolaborasi sehingga kita dapat menyelesaikan berbagai program pembangunan dengan baik dan maksimal PKH".
 
Sementara itu di tempat yang sama Kepala Dinas Sosial Lalu Martajaya menjelaskan kegiatan evaluasi ini dilakukan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam upaya menurunkan stunting dan kemiskinan. Menurutnya dengan adanya para pendamping PKH diharapkan proses penurunan stunting dan kemiskinan di Lobar dapat berjalan dengan cepat dan maksima. Hal ini salah satunya melalui pendampingan dan tra sfer pengetahuan yang dilakukan oleh para pendamping PKH.


Lalu Martajaya mengatakan bahwa transfer pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat dapat dilaksanakan dengan berbagi macam program. Salah satunya melalui program yang sudah disiapkan oleh kementerian sosial melalui pendamping PKH tentang upaya menekan dan mencegah kasus stunting baru di Kabupaten Lombok Barat.  "Kami terus bergerak cepat bersama pendamping PKH untuk menurunkan angka stunting dan kemiskinan melalui berbagai program yang dilaksanakan. Kami berharap hal ini dapat menurunkan angka stunting di Lobar menjadi satu digit" ujarnya.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.