LIDI FOUNDATION MELAKUKAN PELATIHAN ENUMERATOR PENDATAAN ODDP

0


Lombok Timur - Orang dengan disabilitas psikososial atau ODDP mulai mendapatkan perhatian di nusa Tenggara barat. LIDI foundation, lembaga disabilitas yang selama konsen menangani masalah masalah disabilitas di nusa Tenggara barat khususnya di pulau Lombok bekerja sama dengan Pusat Rehabilitas Yakum ( PRY ) Jogja melakukan kerja sama untuk menangani hak hak dasar ODDP terutama mengenai kelengkapan adminduk, pemberdayaan dan pemetaan permasalahan mereka di tengah-tengah Masyarakat.


Untuk memulai kegiatan yang rencananya akan berjalan sampai 2028 nanti ini, lidi foundation mengumpulkan kader keswa 27  desa yang ada di Lombok timur untuk di  latih menjadi enumerator atau tenaga pendataan. 


“ pendataan itu sangat penting untuk memulai kegiatan atau program, makanya kita akan memulai program kami ini  dengan mengumpulkan data dulu supaya kita bisa memetakan kebutuhan, kendala dan dan supaya kitab isa tau Langkah Langkah apa saja yang akan kita lakukan selama program ini berjalan nantinya “ kata Lalu Wisnu pradipta sang kordinator dalam kegiatan ini.


Lalu wisnu Pradipta yang merupakan pendiri dari Yayasan Lombok Independent Disabilitas Indonesia menjelaskan bahwa program ini adalah program yang pertama kali di lakukan di NTB yang berkaitan dengan ODDP ini oleh NGO.

“ Program DIGNITY ( disability inclusion through strengthening local to national capacity and policy )  adalah langkah awal menuju kabupaten lombok timur yang inklusi karena melalui program ini kita kawal pemerintah lombok timur untuk menjadi kabupaten yang ramah dengan semua kalangan disabilitas “ tambah pak wisnu. 


“ selama ini  Lombok timur kita kenal dengan beberapa programnya yang inklusi seperti pemberdayaan disabilitas menuju kemandirian, atau program pelayanan adminduk yang merata untuk semua kalangan. Namun tentu program program ini masih banyak kekurangan terutama dari sisi pemerataan jangkauan pelayanan atau dari sisi kekurangan data. Hal hal seperti inilah yang akan cob akita petakan masalah ada di mana dan Langkah apa saja yang perlu kita lakukan untuk mengurangi masalah ini “ lanjutnya di sela sela kegiatannya melakukan pelatihan.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.