Apel Peringatan HGN Bupati Sumiatun, Spirit Peningkatan Kualitas Pendidikan Lobar

0


Giri Menang, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ke 78. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Lombok Barat, Senin, 27 Nopember 2023. Hadir dalam kegiatan ini Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun, Para Asisten, Kepala OPD, Camat, Kabag, Kepala Sekolah, guru dan pelajar se Lombok Barat.

Bertindak selaku pembina upacara dalam kegiatan ini adalah asisten III Setda Lombok Barat Drs. M. Hendrayadi. Dalam kesempatan ini Hendrayadi membacakan secara langsung sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Pendidikan tinggi, Nadiem Makarim. Dalam sambutannya Mendikbud- ristekdikti menyampaikan bahwa tahun ini adalah tahun terakhir ia sebagai menteri mengikuti peringatan hari guru nasional. Hal ini karena tahun depan telah memasuki tahun politik dan pemerintahan berakhir di bulan Oktober 2024. Karenanya ia berharap melalui momentum hari guru nasional ini para guru dapat menerapkan kurikulum merdeka belajar yang telah digagas sejak lama. Menurutnya kurikulum merdeka belajar ini memiliki manfaat yang bagi dalam pembentukan karakter peserta didik. "Tentu kami berharap agar kurikulum merdeka belajar tetap berjalan maksimal dan melahirkan generasi generasi yang berkualitas" ujarnya.


Menurut Nadiem Makarim peran guru sangatlah berpengaruh dalam membentuk karakter dan mencetak generasi penerus yang berkualitas. Sehingga PGRI menjadi wadah yang tepat untuk menyatukan para pendidik dalam menghadapi berbagai tantangan pendidikan di era modern. Dengan mengusung tema Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju, diharapkan PGRI mampu menggerakkan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk melahirkan generasi yang unggul dan berkarakter. “Perjalanan PGRI selalu mewarnai dunia pendidikan Indonesia khususnya dalam memperjuangkan harkat dan martabat guru agar lebih baik. PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru pendidik dan tenaga kependidikan dalam berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun berharap agar peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN Tahun 2023 ini dapat menumbuhkan semangat perjuangan dan komitmen dari seluruh stakeholder terkait dalam mencerdaskan anak bangsa melalui dunia pendidikan. “Makna peringatan ini harus dapat menumbuhkan semangat atau spirit perjuangan kita semua untuk mencerdaskan anak didik kita sebagai generasi emas dan memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Lombok Barat,” pungkasnya.

Lebih lanjut Hj. Sumiatun mengatakan bahwa Guru merupakan pelita dan cahaya bangsa Indonesia. Hal ini karena guru memiliki peran yang sangat strategis dan penting dalam membangun karakter generasi penerus bangsa. Karena ia meminta semua pihak untuk memberikan perhatian penuh kepada para guru agar kualitas pendidikan di Lombok Barat semakin tinggi dan berkualitas. "Kami berharap pendidikan di Lombok Barat dapat semakin maju dan baik, agar IPM Kabupaten Lombok Barat bisa melaju dan bergerak lebih baik lagi" ujarnya.

Kegiatan upacara bendera ini berjalan dengan hidmat. Yang unik dalam upacara bendera ini adalah semua petugas berasal dari para guru di Kabupaten Lombok Barat.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.