Rangkaian Dies Natalis Unram ke-61, Unram Gelar Beach Clean Up dan Tanam Mangrove

0


 Mataram, NTB – Jadi rangkaian acara Dies Natalis Unram ke-61, Penanaman Mangrove dan Beach Clean Up sukses digelar pada Sabtu (21/10) sore. Kegiatan tersebut dipusatkan di Ekowisata Mangrove Bagek Kembar, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph. D., menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan peluang bagi Unram untuk mengabdi. Seperti yang dikatahui bersama, ekosistem Mangrove sangat besar manfaatnya dalam meningkatkan dan menjaga lingkungan pesisir.
“Mangrove adalah penunjang kehidupan karena dengan adanya Mangrove tentunya akan ada juga mahluk hidup lain yang akan hidup seperti Kepiting, Udang dan sebagainya. Kami mendapatkan informasi bahwa dulu di sini kering kerontang, tidak ada Mangrove. Tetapi dengan adanya Mangrove ini kemudian rata-rata sekarang per orang sudah bisa menangkap kepiting 1 kilo per hari,” paparnya.

Ini luar biasa tentunya, lanjut Prof. Bambang, dampaknya ada dari segi lingkungan dan segi ekonomi. Dari sisi lingkungan sudah jelas bahwa dengan adanya Mangrove ini akan memproduksi oksigen yang lebih baik dan dirasakan bersama.

“Tentunya kita berharap, tidak hanya Universitas Mataram, tidak hanya masyarakat, kita membutuhkan juga kerja sama dengan pemerintah juga dunia industri. Semoga kegiatan ini banyak dilakukan oleh banyak pihak, sehingga masyarakat di sini bisa menikmati manfaat dengan keberadaan Mangrove ini dan kita juga bisa menikmati produksi oksigen yang lebih baik di tempat ini dan tentunya bisa mengalir di kota-kota dan mengalir di tempat lain, mudah-mudahan ini menjadi ladang amal kita semua,” ujar Rektor Unram.
Sementara itu, Dr. H. Iwan Harsono, SE.,M.Ec, selaku Ketua Panitia Dies Natalis Unram ke-61 melaporkan bahwa kegiatan Penanaman Mangrove dan Beach Clean Up merupakan salah satu kegiatan dari 16 kegiatan Dies Natalis Unram.

“Kita harapkan menjadi contoh dikembalikannya ekosistem laut dan ekosistem Pantai disini. Ekosistem tersebut dimulai dengan adanya tumbuh pohon-pohon Mangrove ini dan ini dihajatkan untuk peningkatan nilai ekonomi di masyarakat,” tuturnya.

Ketua Kelompok Pelestari Mangrove Bagek Kembar, Agus yang juga mewakili masyarakat mengungkapkan rasa terima kasih atas pengabdian Civitas Akademika dan para Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Unram atas kontribusi dan pengabdiannya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.