Peringatan Hari Santri Bupati Fauzan : Santri Memiliki Peran Besar dalam Perjuangan Bangsa

0

Gerung - Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid pimpin Apel Hari Santri Nasional Tahun 2023 bertempat di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat, Minggu (22/10/2023)


Tampak hadir Kapolres Lobar, Ketua DPRD Lobar,  Pimpinan OPD, para pejabat lingkup Kantor Kementerian Agama Kab Lobar, para Tuan Guru. Kegiatan apel ini juga diikuti ribuan peserta terdiri dari Guru MAN, Mts dan Santri Santriwati se-kabupaten Lombok Barat.

Dalam arahannya, Bupati Lombok Barat H  Fauzan Khalid menyampaikan bahwa Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari Santri.

"Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia,"katanya.

Lebih lanjut ia membeberkan, resolusi jihad kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari Pahlawan.

"Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Sedangkan untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri,"ujar Bupati.

Menurut Bupati bahwa jihad dalam islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri.

"Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. Kita juga harus mengingat betapa besar peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini," pesannya.

Bupati Fauzan juga mengatakan, peringatan hari santri ini menjadi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Dalam kesempatan ini Bupati juga mengajak semua pihak untuk selalu berdoa agar selalu memberikan petunjuk, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada "Jihad Santri Jayakan Negeri."
Ia juga berharap agar peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa. Pada gelaran Apel tersebut juga Bupati H. Fauzan Khalid Menyerahkan Hibah Tanah  diterima langsung oleh Kepala Kemenag Lobar.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.