Paparkan Orasi Ilmiah, Prof. Amzulian Rifai Ajak Unram Tekan Angka Pengangguran

0

Kota Mataram - Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia Prof. Amzulian Rifai, SH., LLM., PhD. menyampaikan Orasi Ilmiah yang berjudul Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam pengembangan sumber daya unggul menuju Internasionalisasi, dimomentum Dies Natalis ke 61 Universitas Mataram (10/10).


Orasi Ilmiah yang disampaikan sejalan dengan Tema Dies Natalis ke 61 Universitas Mataram yaitu Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Dalam Pengembangan Sumber Daya Unggul Menuju Internasionalisasi Unram. Dimana Unram merupakan salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia yang saat ini sedang berupaya memberikan Penyelenggaraan Pendidikan yang berdaya saing berlari melaju kencang agar mampu menjadi world class university.

Pelaksanaan Dies Natalis tersebut juga rangkaian dari hari ulang tahun Universitas Mataram yang ke 61 tahun, yang dihadiri oleh PJ Gubernur NTB H. Lalu Gita Aryadi, Komisi Yudisial Indonesia, Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D ,Guru Besar Unram dan Perwakilan Dekan Fakultas se Nusa Tenggara Barat.

Orasi Ilmiah yang dipaparkan oleh Prof. Amzulian Rifai juga menjelaskan tentang Indeks pembangunan Indonesia, seperti diketahui bersama, Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar di ASEAN, dan nomor urut keempat dengan jumlah pengangguran di ASEAN.

Dimana angka pengangguran tersebut, mayoritas dialami oleh pengangguran muda (yang berarti nganggur muda setelah lulus perguruan tinggi).

"Potensi Meningkatnya pengangguran muda ini akan kita tekan dan upayakan dengan menjalin kerjasama dengan dunia Industri yang menjadi Program Pemerintah saat ini" ucap Prof. Amzulian

Terkait hal tersebut, Prof. Amzulian mendorong Perguruan Tinggi untuk memperkuat kemampuan dasar revitalisasi kurikulum dan metode pembelajaran yang mampu merespon kebutuhan global diantaranya :

- Mengaplikasikan kemampuan Mahasiwa menjadi Pemimpin (student-lead education)

- Materi servis learning kedalam kurikulum yaitu pembelajaran berbasis pengalaman dengan bertukar fikiran antar kelompok peserta didik

- Mendorong peningkatan kemampuan berbahasa asing

- Trasformasi inovasi digital

Sementara itu, Rektor Universitas Mataram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D dalam sambutannya mengatakan Unram saat ini terus membangun terus berkembang. ditingkat Nasional Unram masuk dalam 15 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. hanya 2 Universitas dari Indonesia Timur salah satu diantaranya Unram.

"Kita ingin menciptakan sarjana yang job kreaftor pencipta lapangan kerja. Maka dari itu melalui momentum Dies Natalis ini kami ingin meningkatkan daya saing kita dengan kerjasama antar perguruan tinggi dengan goverment" ucap Prof. Bambang.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.