Komitmen Menguatkan Digitalisasi di Wilayah Lombok Barat, Bupati Pantau Pembangunan Command Center

0


Giri Menang - Kabupaten Lombok Barat sebagai salah satu Kabupaten terbaik dalam digitalisasi di Kabupaten Lombok Barat memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan digitalisasi. Salah satunya dengan mengembangkan command center atau pusat komando digitalisasi Lobar. Komitmen itu ditunjukan langsung oleh Bupati Lobar dengan meninjau langsung pembangunan dan pengembangan Command Center Lombok Barat di ruang Command Center Kantor Bupati Lobar, Senin, 23 Oktober 2023. 

Hadir mendampingi Bupati Lobar dalam peninjauan ini Kadis Kominfotik Lobar Ahad Legiarto bersama jajaran, sejumlah wartawan dan petugas teknis command center.   Dalam kesempatan ini Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengatakan bahwa command center ini sebagai salah satu upaya Lombok Barat dalam menguatkan digitalisasi di Lobar. 


Menurutnya sebagai Kabupaten digital dan smart city tentunya command center adalah salah satu kebutuhan utama yang diperlukan untuk dapat melakukan monitoring secara real time terkait berbagai perkembangan di Lombok Barat. "Ini adalah bentuk komitmen kami dalam menguatkan digitalisasi di wilayah Kabupaten Lombok Barat" ujarnya.   Ia mengatakan bahwa pengembangan dan pembangunan Command Center ini adalah salah satu hasil dari pemerintahan Fauzan-Sumiatun dalam pembangunan. Ia berharap agar command center ini dapat bermanfaat bagi pembangunan di Lobar. 

Selain itu ia juga berharap agar command center ini dapat menjadi pusat kendali pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Lobar. "Command Center ini menjadi salah satu komitmen kami bersama Wakil Bupati Lobar dalam menguatkan digitalisasi di Lobar yang diharapkan dapat memudahkan pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat" ujarnya.  

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto mengatakan bahwa Command Center ini menjadi kebutuhan utama dalam menunjang smart city dan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) di Kabupaten Lombok Barat. Ia mengatakan bahwa Command Center ini sepenuhnya tidak menggunakan APBD Kabupaten Lombok Barat. Ia mengatakan bahwa Command Center ini merupakan kerjasama kemitraan Diskominfotik Lobar bersama mitra penyedia layanan Internet di Kabupaten Lombok Barat. Hal ini merupakan salah satu bentuk inovasi dan terobosan sehingga tidak membebankan APBD Kabupaten Lombok Barat. "Ini adalah salah satu terobosan dan inovasi dari Pemerintah Daerah dan Bapak Bupati sehingga tidak membebankan APBD Kabupaten Lombok Barat yang saat ini masih belum pulih sepenuhnya. Ini adalah terobosan dalam bentuk kemitraan dengan mitra kerja Pemerintah Daerah dimana ini adalah kebutuhan utama di era digital" ujarnya.   

Command center ini diperkirakan akan selesai dikerjakan di akhir Pekan ini. Command center ini direncanakan akan diresmikan di akhir bulan Oktober 2023 oleh Bupati Lombok Barat bersama Wakil Bupati Lombok Barat.  Command center ini diperkirakan senilai 3 miliar Rupiah. Kedepannya command Center ini juga akan dilengkapi oleh berbagai aplikasi yang terpasang secara bertahap.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.