Terobosan Baru, Lobar Gandeng UIN Mataram Percepat Digitalisasi Desa

0

 
Gerung - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat tidak pernah berhenti melakukan berbagai terobosan terobosan hebat. Setelah meluncurkan UHC, Kini Pemkab Lombok Barat melalui Dinas Kominfotik Kabupaten Lombok Barat melakukan terobosan baru dalam memperkuat transformasi digital dan keterbukaan informasi Publik di Desa. Diskominfotik Lombok Barat menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dalam membangun desa melalui digitalisasi dan keterbukaan informasi Publik di desa. Hal tersebut disampaikan oleh Kadis Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto saat membuka Pembekalan Praktik Kerja Lapangan mahasiswa UIN Mataram Rabu, 6 September 2023 di Aula Suara Giri Menang Gerung, Lombok Barat.   

Dalam sambutannya Kadis Kominfotik Lombok Barat menyampaikan bahwa program UIN Mataram dan Diskominfotik Membangun Desa melalui Pelopor Digitalisasi dan Informasi Desa ini merupakan program baru yang digagas untuk memperkuat dan mempercepat transformasi digital di desa. Ia mengatakan bahwa selama ini PKL identik di kantor kantor namun melalui program UIN Mataram - Diskominfotik membangun desa ini para mahasiswa jurusan ilmu komunikasi yang PKL disebar ke desa desa di Lombok Barat. 

Menurutnya untuk tahap awal ini para mahasiswa disebar di desa desa di dua kecamatan yaitu kecamatan lingsar dan lembar. "Para mahasiswa PKL yang kita sebut sebagai Pelopor Digitalisasi dan Informasi Desa akan disebar ke desa desa. Para mahasiswa komunikasi ini nantinya bertugas untuk mendampingi dan melatih perangkat desa dalam mengisi konten website terkait berita kegiatan dan potensi desa serta mendigitalisasi berbagai dokumen yang ada di desa" ujarnya.   

Ahad Legiarto menyampaikan bahwa saat ini Lombok Barat menjadi satu satunya Kabupaten yang semua desanya memiliki website desa. Hal ini merupakan salah satu prestasi yang mempercepat digitalisasi. Karenanya ia mengatakan bahwa kehadiran para mahasiswa PKL sebagai pelopor digitalisasi dan informasi desa ini diharapkan dapat membantu dan mendampingi perangkat desa dalam mengisi konten konten dalam website desa tersebut. 

Hal ini menurutnya sebagai salah satu ikhtiar dan usaha mempercepat transformasi digital dan keterbukaan informasi Publik di desa. Ia berharao agar kegiatan ini berjalan lancar dan maksimal. "Para mahasiswa PKL atau yang disebut sebagai pelopor digitalisasi dan informasi desa ini kita harapkan dapat memberikan kontrbusi terhadap keterisian konten dalam website desa dimana kita targetkan setiap hari ada satu konten berita yang diupload di website" ujarnya.   

Ahad Legiarto. Menambahkan bahwa terobosan menggandeng UIN Mataram ini menjadi salah satu langkah cepat dan tepat dalam memperkuat smart city dan SPBE serta Keterbukaan Informasi Publik. Dalam kesempatan ini Kadis Kominfotik Lombok Barat percaya bahwa para  mahasiswa PKL dapat berkontribusi positif bagi kemajuan desa. 

Hal ini karena para mahasiswa yang mengikuti PKL tersebut merupakan mahasiswa komunikasi semester yang telah mendapatkan banyak mata kuliah dan praktikum terkait konten digital dan komunikasi. "Kami bersyukur dan berterima kasih kepada UIN Mataram atas kerjasama dan kemitraan dalam mempercepat transformasi digital dan keterbukaan informasi Publik" ujarnya.   Sementara itu Dr Najamudin Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram mengatakan bahwa kegiatan PKL dilaksanakan sebagai pelaksanaan tri Dharma Perguruan tinggi. 

Ia mengatakan bahwa PKL ini berbeda dengan PKL sebelumnya dimana para peserta PKL akan disebar ke desa desa di kecamatan lingsar dan lembar untuk memperkuat dan mempercepat transformasi digital dan keterbukaan informasi publik. Ia juga menambahkan bahwa program UIN Mataram dan diskominfotik membangun desa ini mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak. 

Hal ini merupakan salah satu bentuk terobosan dari UIN Mataram dan Diskominfotik dalam membangun desa menuju transformasi digigal dan keterbukaan informasi publik. "Ini program yang sangat luar biasa kami berharap dapat berjalan baik dan para mahasiswa dapat memberikan yang terbaik sesuai dengan ilmu yamg telah diperoleh selama ini" ujar.   

Kegiatan pembekalan ini berjalan dengan baik dan lancar. Para mahasiswa yang berjumlah 56 orang ini dan sangat antusias dalam. Mengikuti berbagai materi dalam Pembekalan ini. Materi dalam kegiatan pembekalan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfotik Lombok Ahad Legiarto M.Eng,  Kabid IKP Arief Rachman, M. Sos, Kabid Aptika Sumirah, kabid BSS Ani Wahyuningsih. Kegiatan ini dengan baik dan lancarl.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.