SMP 2 Kuripan Raih Juara 3 Tingkat Nasional Pendidikan Pengendalian Anak Usia Dini

0


 Tim Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2 Kuripan mengukuri prestasi. Mereka meraih Juara 1 Regional 3 Wilayah Nusra dan Juara 3 Tingkat Nasional Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Paripurna Terbaik kategori SMP sederajat.

Ajang ini diselenggarakan BKKBN melalui Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan. Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) merupakan sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran.

Program SSK ini bertujuan memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing siswa. Selain itu, ajang ini juga ingin menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan.

Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Dr. Bonivasius Prasetya Icheiarto, SSI,.M.Eng, Jumaat, (15/9/2023) mengatakan, untuk menghindari terjadinya pernikahan pada usia dini SSK memiliki peran strategis. Dengan SSK akan ada keterlibatan siswa, orang tua, masyarakat serta institusi lain.

"Sekolah memiliki peran signifikan dalam menekan terjadinya pernikahan dini. Sebab, bila siswa memahami resiko atas pernikahan dini tentu hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya pernikahan dini dihindari," jelasnya.
Apalagi, guru dan orang tua juga aktif memberikan bimbingan, tentu pernikahan dini bisa dihindari," imbuhnya.

Ia berharap masyarakat akan semakin paham mengenai resiko pernikahan dini yang akan berpengaruh pada fisik dan psikis yang belum matang.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.