SMKN 1 Selong Mulai Intens Mempromosikan Produk Hasil Siswa

0

 


Lombok Timur - SMK Negeri 1 Selong telah memiliki izin resmi pengelolaan Badan Umum Layanan Daerah ( BLUD) sehingga melalui BLUD, Dengan adanya BLUD tersebut nantinya sekolah dapat memiliki produk-produk unggulan serta dapat mengelola proses produksi di teaching factory secara lebih fleksibel tanpa melanggar peraturan.

Pemerintah mendorong agar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membentuk badan layanan umum daerah (BLUD) untuk melayani jual-beli produk hasil karya pelajarnya kepada publik.

Dengan membentuk BLUD, SMK diharapkan tidak perlu lagi meminta modal kepada negara dan melaporkan pendapatannya ke kas negara. Namun, tidak seluruh SMK bisa langsung berubah menjadi BLUD.

Untuk saat ini BLUD SMK Negeri 1 Selong telah bekerjasama dengan membangun mitra usaha dengan UMKM dan Pemadanan Dunia Industri dalam memproduksi hasil karya siswa dalam bentuk barang dan jasa guna dipasarkan sesuai pangsa pasar industri tersebut.

Sedangkan sekolah – sekolah yang telah berkunjung untuk sharing praktek baik dengan BLUD SMK Negeri 1 Selong antara lain; SMK Negeri 1 Kopang, SMK Negeri 1 Sumbawa dan SMK Negeri 2 Selong dengan melakukan kunjungan wisata belajar / sister school secara langsung ke SMK Negeri 1 Selong sekaligus melihat proses produksi yang dilakukan oleh siswa siswi SMK Negeri  Selong sesuai bidang keahlian yang ada di bengkel masing – masing.
Hal Senada diungkapkan oleh Wakasek Bidang Humas dan Industri Muhammad  Zaenudin kepada media pada hari Rabu, 13 September 2023, mengatakan dengan adanya SK BLUD tersebut mendorong Produk-produk SMKN 1 Selong untuk di dipasarkan sesuai standar dan kualitas terbaik.

"Yang paling banyak produk kita laku di pasaran yaitu desain dan furniture, akan tetapi saat ini kami juga mulai intens mempromosikan produk hasil Las seperti Kursi untuk ditaman dari besi dan  mesin gabah" ucap Wakasek M. Zaenudin

Tidak hanya itu, SMKN 1 Selong gencar mempromosikan baik itu melalui media sosial dan media yang lainnya. Dengan adanya BLUD tersebut, nantinya soswa siswa diharapkan mampu berwirausaha.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.