Produk Olahan Hasil Kebun SMKN 1 Bayan, Kini Merambah Dunia UMKM

0


Lombok Utara - SMK Negeri 1 Bayan yang memilki visi mewujudkan Lulusan SMK yang bermutu, berkarakter, berbudaya, terampil, dan berdaya saing berdasarkan Iman dan Taqwa dengan Motto” SMK CERDAS (CREATIF, ENTERPRENUER, RELIGIUS, DISIPLIN, AMANAH DAN SEMANGAT KEBANGSAAN) telah mengupayakan menjadi Sekolah Rintisan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sebagai salah satu Program 11 Strategi Gemilang karya yang dibranding Dinas Pendidiian dan Kebudayaan Provinsi NTB tersebut yang terintergarasi dalam program sekolah.

Kepala SMK Negeri 1 Bayan, Bapak Andi Munif, S.Pd mengatakan, Sebagai SMK dengan core Agribisnis dan Agriteknologi, produk olahan merupakan hasil karya siswa siswi dengan bimbingan guru yang sudah berkompeten. "Kami memiliki berbagai produk diantaranya Kripik Ares, Sabun, yang keseluruhannya sedang kami urus ijin edarnya. Nantinya semuanya terbit maka kami akan memasarkannya. ungkap andy.

Untuk BLUD di SMKN Negeri 1 Bayan sudah mulai merintis terbentuknya BLUD ini. Dengan adanya unit produksi (UP) yang bernama Agrimart dengan tujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan pembekalan jiwa enterprenuer melalui penyediaan kesempatan pelatihan produksi secara professional bagi peserta didik, serta mendukung pembiayaan Pendidikan dan peningkatan kesejahteraan.

"Untuk proses pemasarannya juga akan kami libatkan siswa-siswi kami, agar nantinya menjadi edukasi terbentuknya jiwa enterprenuer. Misalnya nih bagaimana cara memasarkan/menawarkan kepada pembeli, kemudian penulisan rugi/laba serta teknik penataan produk agar terlihat menarik" tambahnya.
Regulasi terkait dengan pemenuhan unsur BLUD terus diupayakan, sehingga kedepan masuk dalam kriteria Sekolah BLUD.

Ada beberapa katalog produk unggulan antara lain ; Kripik Singkong, Sari Buah Jambu, Stick Kelor, Sari buah naga, dan lain-lain.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.