Percepat Transformasi Digital dan KIP Desa, Lombok Barat dan UIN Mataram Luncurkan Pelopor Informasi dan Digitalisasi Desa

0


Giri Menang - Kabupaten Lombok Barat memang selalu terdepan dalam digitalisasi. Setelah berhasil memfasilitasi semua desa memiliki website kini Kabupaten Lombok Barat melakukan gerak cepat untuk percepatan transformasi digital dan Keterbukaan Informasi Publik di Desa Desa di Lobar. Untuk melaksanakan hal tersebut Kabupaten Lombok Barat dalam hal ini Dinas Kominfotik Lobar menjalin kerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Hal ini ditandai dengan penandatangan PKS Antara Diskominfotik Lobar dengan FDIK UIN Mataram di Ruang Jayeng Rana Kantor Bupati Lobar, Kamis, 21 September 2023. Hadir dalam kegiatan ini Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Rektor UIN Mataram Prof Masnun Tahir, Dekan FDIK Muhammad Saleh, Kadis Kominfotik Lobar Ahad Legiarto, Sejumlah Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Para Mahasiswa UIN Mataram yang PKL di desa desa di Lobar.

Dalam arahannya Bupati Lobar. H. Fauzan Khalid mengatakan banyak program, capaian bahkan potensi potensi  yang desa baik sedang berjalan maupun yang telah sukses dilakukan terkadang tidak tersampaikan kepada masyarakat. Hal ini terjadi karena minimnya informasi yang disampaikan kepada publik. Padahal saat ini Lombok Barat telah memiliki website di seluruh desa namun terkendala pada pengisian konten di website desa. Ia mengatakan kerjasama yang dijalin dengan FDIK UIN Mataram ini sebagai terobosan baru dalam upaya melakukan pendampingan terhadap perangkat desa agar giat atau genem dalam mengisi website desa. "Ini semua tentu terkait dengan budaya dan rasa genem. Karenanya kami berharap mahasiswa UIN yang PKL di desa desa melalui program Pelopor Informasi dan Digitalisasi desa ini dapat membantu dan membimbing desa untuk percepatan digital" ujarnya.


Bupati dua periode ini menyampaikan bahwa gagasan program Pelopor Informasi dan Digitalisasi Desa yang dikomandoi oleh Diskominfotik dan FDIK UIN Mataram dapat mempercepat transformasi digital. Karena menurutnya transformasi digital ini menjadi sebuah keharusan pada era atau zaman saat ini. Ia berharap agar percepatan transformasi digital dan keterbukaan informasi publik di desa desa di Lombok Barat akan mendatangkan kemajuan dan manfaat positif bagi seluruh desa. Karenanya ia meminta kepada semua kepala desa untuk mendukung penuh program Pelopor Informasi dan Digitalisasi Desa ini. "Tentu ini membutuhkan dukungan kita bersama dan saya minta semua kepala desa dapat mendukung penuh program ini sehingga dapat bermanfaat dan memajukan desa di era teknologi saat ini" ujarnya.

Dalam kesempatan ini Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada rektor UIN Mataram beserta seluruh jajaran karena mendukung penuh percepatan transformasi digital dan keterbukaan informasi Publik (KIP) Di Desa. Ia berharap agar kegiatan ini dapat terus berjalan dengan lancar.

Sementara itu Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun Tahir dalam sambutannya mengatakan bahwa kolaborasi dan kerjasama ini merupakan bentuk dukungan UIN Mataram kepada Pemkab Lombok Barat. Ia mengatakan bahwa UIN Mataram memiliki semangat yang tinggi ketika bekerjasama dengan Pemkab Lombok Barat dan Pemerintah Daerah lainnya. Hal ini karena Pemkab Lombok Barat dibawah kepemimpinan Bupati Fauzan Khalid sangat terbuka kepada pihak universitas untuk berkolaborasi dan bekerjasama. Hal inilah yang manjadi salah satu semangat yang kuat bagi UIN Mataram untuk melakukan kerjasama dengan Pemkab Lobar seperti hari ini. Ia mengatakan bahwa kerjasama antara Kominfotik dan FDIK UIN Mataram ini menjadi kunci penting dalam percepatan digitalisasi. Menurutnya digitalisasi ini menjadi sebuah keharusan di era teknologi saat ini. Karenanya ia menyambut baik kerjasama antara Diskominfotik Lobar dengan FDIK UIN Mataram dalam percepatan transformasi digital dan Keterbukaan informasi publik melalui program Pelopor Informasi dan Digitalisasi Desa. "Kami dari UIN Mataram tentu mendukung penuh dan mengapresiasi kerjasama ini karena kerjasama ini tentu akan mempercepat transformasi digital. Hal ini bentuk kolaborasi dan kerjasama nyata antara UIN Mataram dan Pemkab Lobar untuk maju bersama dan mempercepat digitalisasi" ujarnya.

Rektor juga meminta para mahasiswa untuk dapat melakukan pendampingan yang maksimal kepada desa desa yang ada di Lembar dan Lingsar. Hal ini agar program Pelopor Informasi dan Digitalisasi desa dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat khususnya dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik dan digitalisasi di desa. Saat inilah para mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah sehingga dapat bermanfaat untuk sesama dan masyarakat. "Kami minta adek adek mahassiswa PKL untuk memberikan sumbangsih positif dalam program ini. Karena program ini sangat baik dan bagus dalam upaya percepatan transformasi digital dan keterbukaan informasi Publik" ujarnya.


Pada kesempatan yang sama Kadis Kominfotik Lobar Ahad Legiarto dalam laporannya menyampaikan bahwa  penanda tanganan perjanjian kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU atau kesepakatan bersama antara Pemkab Lobar dengan UIN Mataram yang telah dijalin beberapa waktu lalu. Ia mengatakan hal ini sebagai upaya dan langkah nyata untuk percepatan transformasi digital dan Keterbukaan informasi Publik. Ia mengatakan bahwa saat ini semua desa yang berjumlab 119 Desa dan 3 Kelurahan telah memiliki website desa. Namun memiliki kendala pada pengisian konten website desa. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar kerjasama atau PKS dalam percepatan transformasi digital dan keterbukaan informasi publik di desa. "Kami berharap melalui penandatangan PKS dan Program ini percepatan transformasi digital di desa dapat dilakukan dengan lancar" ujarnya


Ia mengatakan bahwa untuk tahap awal PKL ini pihaknya telah memberikan target capaian harian dan mingguan kepada mahasiswa PKL Pelopor Informasi dan Komunikasi Desa. Sehingga pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa PKL dapat dilihat perkembangannya secara berkala. Ia mengatakan bahwa untuk tahap pertama jumlah mahasiswa PKL UIN Mataram sebanyak 56 orang yang tersebar di 25 desa di Kecamatan Lembar dan Lingsar. "Kami berharap kerjasama ini dapat bermanfaat untuk mempercepat transformasi digital di desa" ujarnya.

Penandatangan PKS ini dilakukan oleh Kepala Dinas Kominfotik Lobar Ahad Legiarto dan Dekan FDIK UIN Mataram Muhammad Saleh disaksikan oleh Bupati Lobar dan Rektor UIN Mataram serta tamu undangan lainnya. Selain penandatanganan PKS, dalam kegiatan ini juga dilakukan pelepasan mahasiswa PKL Pelopor Informasi dan Digitalisasi Desa secara simbolis yang ditandai dengan penyematan ID Card kepada dua orang peserta PKL. Acara ini berlangsung dengan baik dan lancar.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.