Apel Paripurna, Sekda H. Ilham: Antisipasi Kemarau Panjang dan Kekeringan Mari Kita Perkuat Kebersamaan dan Solidaritas Kita

0

Giri Menang - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menggelar apel paripurna bulan September 2023 di lapangan Kantor Bupati Lobar. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin 18 September  2023. Hadir dalam kegiatan ini Sekda Lombok Barat, Para Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat , dan  seluruh ASN Lingkup Pemerintahan Kabupaten  Lombok Barat.


Sekretaris Daerah Lombok Barat H. Ilham yang bertindak sebagai Pembina Upacara dalam amanatnya  Menyampaikan bahwa saat ini Lombok Barat sedang berada pada musim kemarau panjang yang disebabkan oleh El Nino.  Kemarau panjang ini mengakibatkan terjadinya kekeringan di sebagian wilayah Kabupaten Lombok Barat. Sebagai dampak dari kekeringan ini, kekurangan air bersih serta ancaman kebakaran lahan dan hutan harus kita hadapi dan antisipasi. "Kita berada pada kemarau panjang dan kekeringan yang berpotensi menyebabkan terjadinya kekurangan air bersih dan kekeringan yang harus kita antisipasi bersama" ujarnya.


Sekda H. Ilham melanjutkan kondisi ini tentu membutuhkan kepedulian, kebersamaan, kolaborasi dan sinergitas semua OPD dan segenap masyarakat untuk mencegah terjadinya potensi bencana. Hal ini agar potensi bencana akibat kemarau panjang dan kekeringan ini dapat dimitigasi dan diminimalisir. Ia berpesan kepada semua pihak dan semua ASN agar berupaya dan lebih berhati-hati dalam melakukan aktifitas di luar rumah, terutama aktifitas yang berhubungan dengan api. Salah satunya adalah dengan mematikan rokok sebelum membuang puntungnya pada tempatnya. "Untuk mengantisipasi dampak kekeringan ini kita harus memperkuat kebersamaan dan solidaritas agar dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan" ujarnya.

Dalam kesempatan ini Sekda juga menyampaikan bahwa bulan september 2023 ini adalah akhir triwulan ke 3 dan sebentar lagi memasuki  Triwulan ke-4. Ia meminta agar semua OPD dapat mengontrol realisasi program, kegiatan, dan sub kegiatan atau pencapaian target fisik maupun keuangan pada triwulan ini. Hal ini tentu akan berdampak pada realisasi keseluruhan Tahun Anggaran 2023. Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan yang target kerja maupun kinerjanya sampai dengan triwulan ke-3 telah tercapai. Untuk yang realisasinya belum mencapai target. "Saya berpesan agar rekan-rekan melakukan percepatan dan bahkan apabila diperlukan, melakukan upaya-upaya ekstra baik itu dengan penambahan waktu dan tenaga, dalam rangka pencapaian target yang telah direncanakan dan ditetapkan untuk triwulan ke-3. Sehingga pada triwulan akhir nanti, kita tidak perlu lagi disibukkan dengan beban pekerjaan yang seharusnya sudah diselesaikan sebelumnya"

Terakhir Sekda menyampaikan terkait situasi dan kondusifitas menjelang pesta demokrasi tahun 2024. Ia meminta agar semua pihak dapat menjaga stabilitas daerah nenjelang Pemilu 2024. Ia juga meminta agar semua pihak dapat menyikapi perkembangan politik dengan bijak dan baik, agar tidak menimbulkan gesekan horizontal maupun vertikal di tengah masyarakat. Hal ini tentu berpotensi mengganggu stabilitas dan kondusifitas wilayah.
 
Untuk mengantisipasi dan menyikapi situasi seperti ini, diperlukan upaya ekstra dari Pemerintah Daerah, dalam hal ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, untuk melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan deteksi dini dalam rangka mengantisipasi dan meredam berbagai isu yang muncul di tengah masyarakat. Tidak lupa, kita semua sebagai ASN juga harus mengambil peran aktif menjadi perekat dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah. "Untuk itu, Saya mengajak diri sendiri dan rekan-rekan semua agar kita senantiasa menjalin kebersamaan, mempertahankan kekompakan,organisasi, serta menjaga kolaborasi dan sinergi yang telah terbina tertata dan terlaksana dengan baik, demi terciptanya kondusifitas keamanan di Kabupaten Lombok Barat"ujarnya.


Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.