SEMARAK HUT KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-78, PEMKAB LOMBOK BARAT GELAR PEMBAGIAN 1000 BENDERA MERAH PUTIH.

0

Gerung - Menyemarakkan Peringatan HUT RI Ke-78 Tahun, Pemerintah Kabupaten lombok Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) membagikan 1.000 Bendera Merah Putih secara simbolis kepada 10 Camat Se- Kabupaten Lombok Barat yang nantinya akan  dikibarkan di seluruh desa di masing-masing wilayah di Kabupaten Lombok Barat.   Hal ini dilaksanakan sebagaimana arahan Kemendagri dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT RI Ke 78 Tahun 2023 di seluruh Indonesia. 

Kegiatan ini diawali dengan penyerahan bendera secara simbolis oleh Bupati Lombok Barat dan Anggota FORKOPIMDA kepada Camat Se-Kab. Lombok Barat. Kemudian acara berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan pawai yang diikuti oleh 450 orang siswa SD dan SMP wilayah Kec. Gerung. Serta pelepasan peserta konvoi kendaraan roda 4 dan roda 2 yang dihiasi bendera merah putih diikuti oleh seluruh OPD Lingkup Pemkab Lombok Barat.  

Pada kesempatan ini Bupati alombok Barat H. Fauzan Khalid menyampaikan melalui momentum HUT RI Ke 78 tahun 2023 kiranya dapat menggerakkan semangat patriotisme kebangsaan, cinta negara dan bela tanah air. Hal ini diperlukan oleh semua anak bangsa agar tidak mudah luntur tergerus oleh perkembangan zaman.  “Semangat itu tidak boleh kita biarkan luntur, bangkitkan semangat perjuangan, tetap dalam peran dan fungsi masing-masing elemen serta sangat diharapkan dalam menghadapi tantangan yang menggerus persatuan dan kesatuan”, ujarnya.   

Bangsa dan Negara Indonesia tidak boleh hilang oleh terkikisnya rasa nasionalisme dan patriotisme generasi penerus. Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi semua elemen masyarakat dalam menjaga dan memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme.  “Bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu adanya kolaborasi. Kita harus bersama menghadapi ini. 

Melalui ini juga, kami harapkan semua elemen entitas di Kabupaten Lombok Barat  bisa mendukung," imbuhnya.   Bupati H. Fauzan Khalid berharap para camat di masing-masing wilayah mengadakan pertandingan atau perlombaan yang bersifat permainan tradisional antar desa. 

Hal ini guna melestarikan warisan budaya luhur bangsa yang ada di daerah sehingga bisa menciptakan keakraban antara perangkat desa dan pemerintah dengan masyarakat.   

"Kami berharap kepada Camat untuk mengadakan perlombaan tradisional antar Kepala Desa atau antar Desa, hadiahnya bisa macam-macam", harapnya.  

H. Fauzan Khalid menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua anggota FORKOPIMDA atas kolaborasi dan keharmonisan dalam menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Kab. Lombok Barat.  "Terima kasih kami sampaikan kepada semua anggota FORKOPIMDA dalam menjaga dan merawat kebersamaan dan kerukunan di daerah kita", tutupnya.  

Kepala Bakesbangpol Mahnan S. STP., MH menyampaikan tujuan kegiatan bukan hanya dilaksanakan secara simbolis melainkan diterapkan di masing-masing wilayah agar menjadi pengingat bagaimana para pahlawan berkorban demi kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan agar semangat bergelora dalam menciptakan kejayaan dan semangat berbangsa dan bernegara Indonesia.

Penyelenggaraan HUT Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2023 mengusung tema "Lombok Barat Mantap Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".  

"Dengan kegiatan ini kami berharap semangat dan gelora berbangsa dan bernegara tetap terjaga dengan baik", terangnya.  Pembagian bendera Merah Putih merupakan awal dari berbagai macam rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke 78 dalam meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.   

Turut  hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Lobar, Polresta Mataram dan Dandim 1606 Mataram dan Anggota Forkopimda, Perwakilan Bakesbangpol Provinsi NTB, Basarnas NTB, Camat, Mitra Kerja, Forum Kepala Desa (APDESI), Kepala Sekolah, Direktur Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.