Lobar Menjadi Primadona Lokus Pengabdian Masyarakat Dari Berbagai Universitas di Indonesia

0

Gerung - Lombok Barat benar benar menjadi primadona dan unggulan untuk program pengabdian masyarakat bagi kampus kampus atau Universitas di Seluruh Indonesia. Terbaru Universitas Negeri Malang mulai melakukan penjajakan perjanjian Kerjasama atau MOU dengan Pemkab Lombok Barat dalam berbagai bidang. Hal tersebut ditandai dengan kunjungan resmi perwakilan Universitas Negeri Malang ke Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Selasa 22 Agustus 2023 di Ruang Rapat Jayengrana Kantor Bupati Lombok Barat. Hadir dalam pertemuan tersebut Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan, Sejumlah Kepala OPD, dan lima orang perwakilan UNM yaitu Prof. Ir. Arif Nur Afandi selaku Wakil Rektor IV bidang Kerjasama, Dr. Yuni Rahmawati Direktur DIPHK, Dra. Komariyah selaku Kasubdit Humas dan Kerjasama, Rayie Tariaranie Wiraguna sebagai Tim Pengembang Kerjasama.


Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan dalam sambutannya menyampaikan beberapa program unggulan Pemkab Lobar dalam mendukung peningkatan SDM di Lombok Barat. Ia juga menyampaikan bahwa kebijakan kerjasama di Lobar sangat luas diberbagai bidang, baik dalam bidang pendidikan maupun bidang kesehatan termasuk kerjasama dengan semua universitas di seluruh Indonesia. Ia juga menyampaikan Lobar pernah menjadi lokus dalam program inovasi Lobar untuk Indonesia "Program Inovasi Lobar seperti Selaras (Akselerasi Rata-Rata Lama Sekolah) yang merupakan kerjasama dengan sejumlah pihak telah mendapatkan penghargaan di tingkat NTB" ujarnya

Agus juga menyampaikan dampak kerjasama dan kolaborasi yang dijalin dengan berbagai  Universitas di seluruh Indonesia  terasa begitu bermanfaat. Salah satunya dengan tersebarnya mahasiswa dalam melakukan pengabdian masyarakat di Lobar menjadi magnet tersendiri bagi anak-anak atau para generasi penerus bangsa terutama di desauntuk meningkatkan semangat belajar ke jenjang yang lebih tinggi. "Dari program pengabdian masyarakat ini bisa menjadi semangat untuk memotivasi para generasi agar bisa melanjutkan sekolah lebih tinggi", tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan tindak lanjut dari kegiatan ini  rencananya Lobar akan melakukan MoU dengan UNM. Tentunya hal ini membutuhkan beberapa proses untuk menyesuaikan berbagai program dan kegiatan sehingga dapat saling mengisi dan menguatkan sesuai dengan kebutuhan masing masing pihak. "Kami akan melakukan Zoom Meeting dengan instansi terkait, mengenai tindak lanjut MoU antara Pemkab  Lobar dengan Universitas Negeri Malang guna meningkatkan SDM", teranya

Sementara itu, Dr. Yuni Rahmawati selaku Direktur DIPHK UNM mengatakan bahwa pihaknya ingin menjalin kerjasama dalam pengabdian masyarakat dengan Pemerintah Daerah Lombok Barat. Hal ini dilakukan salah satunya dengan program kuliah kerja nyata bagi mahasiswa UNM di Wilayah Lombok Barat.
"Kami datang ke Lombok Barat untuk menjajaki perjanjian kerjasama pengabdian masyarakat. salah satunya melalui kegiatan KKN. Hal ini tentu sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kami kepada masyarakat untuk melaksanakan tri darma perguruan tinggi" ujarnya.

Dr. Yuni juga menjelaskan maksud dan tujuan dari kunjungan pihaknya ke Lombok Barat ialah untuk sama-sama saling melengkapi dan saling bersinergi dalam mendukung program yang saling berkaitan. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa UNM memiliki sejumlah program-progam unggulan dalam meningkatkan kualitas SDM di Daerah. Hal ini diharapkan menjadi salah satu bagian dalam kerjasama atau MoU antara Pemkab Lobar bersama UNM.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.