Festival Lasqi Sumbawa, Lobar Juara 1 Pawai Defile dan Bivo Remaja Putra

0

Keseriusan dan kemantapan Kontingen Kabupaten Lombok Barat dalam mengikuti festival Lasqi 2023 di Kabupaten Sumbawa membuahkan hasil positif. Kontingen Kabupaten Lombok Barat berhasil meraih juara 1 pada dua nomor lomba yaitu Pawai Defile dan Bivo Remaja Putra. Hal tersebut disampaikan saat acara penutupan Festival Qasidah dan Bintang Vokalis (Bivo) Lasqi tahun 2023 Jumat Malam (4/08/2023) di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa. Hadir dalam acara penutupan Gubernur NTB Dr Zulkiflimansyah, Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah, Staf Ahli Bupati Lobar Bidang SDM H.Lalu Najamudin, Ketua DPW Lasqi NTB Hj. Niken Zulkiflimansyah, Ketua DPD Lasqi kabupaten/Kota Se NTB dan tamu undangan lainnya.


Dalam pengumuman hasil Lomba Festival Qasidah dan Bivo 2023 yang dibacakan langsung oleh Dewan Juri, Kabupaten Lombok Barat berhasil menjadi juara 1 pada katagori Pawai Defile dengan nilai 475 unggul atas Lombok Tengah dengan nilai 465 dan Lombok Utara dengan nilai 450. Selain itu kontingen Lombok Barat juga berhasil meraih juara 1 pada katagori Bintang Vokalis Gambus Katagori Remaja Putra atas nama Harun Jayadi dengan nilai 960 unggul atas perwakilan Lombok Utara dengan nilai 945 dan perwakilan tuan Rumah Kabupaten Sumbawa dengan  nilai 935. Sementara pada katagori Bintang Vokalis Gambus Dewasa Putra Lombok Barat kontingen Lobar atas nana Putra Hunan berhasil meriah juara 3 dengan nilai 950 tertinggal dari perwakilan kota mataram dengan nilai 975 dan Perwakilan Kota Bima dengan nilai 955.

Ketua DPD Lasqi Lombok Barat Hj Khaeratun Fauzan Khalid menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perjuangan dan usaha dari kontingen Lombok Barat. Keberhasilan Lombok Barat meraih juara pada beberapa katagori ini merupakan hasil kerja keras para peserta dan berbagai pihak. Hal ini juga berkat doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Lombok Barat. Ia menyampaikan DPD Lasqi Lombok Barat akan terus melakukan pembinaan terhadap talenta qasidah dan gambus di Lombok Barat. "Ini sebagai usaha dan ikhtiar kita untuk melestarikan seni religi di Lombok Barat"ujarnya.

Sementara itu Asisten 1 Setda Lombok Barat Drs. Agus Gunawan menyampaikan bahwa hasil yang diperoleh Kontingen Lombok Barat dalam pawai defile dan katagori lainnya merupakan hasil dan usaha serta kerja keras dari para peserta dan berbagai pihak. Ia mengatakan bahwa dalam pawai defile saat acara pembukaan kontingen Lombok Barat dengan kekuatan penuh yaitu 561 orang menjadi yang terbanyak dari kontingen lainnya. Selain itu kontingen Lobar juga kompak menggunakan pakaian adat dalam pawai defile tersebut. Ia juga menambahkan penampilan atraksi kontingen Lobar sangat mempesona dan memukau masyarakat dan tamu undangan yang menyaksikan. Pada atraksi tersebut ditampilkan tentang budaya "begawe beleq" dan berbagai tradisi di dalamnya. Hal ini sangat mempesona tamu undangan dan penonton yang menyaksikan. Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Dikbud, Dikes, Kemenag, para santri dan pengasuh ponpes, guru, Pol PP, DWP, PKK GOW, Lasqi, Kominfo, Dishub dan semua pihak yang memberikan dukungan dalam kegiatan ini. "Alhamdulillah Usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh Lombok Barat membuahkan hasil. Terima kasih atas dukungan dari tim semua pihak sehingga Lobar bisa juara di beberapa katagori" ujarnya.

Dalam sambutannya Gubernur NTB Dr Zulkiflimansyah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kontingen dari semua Kabupaten/Kota di NTB. Ia menyampaikan bahwa acara festival ini tentu memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat. Hal ini terlihat dari penuhnya kamar hotel dan restauran selama pelaksanaan acara. Selain itu UMKM juga ramai dan memperoleh manfaat. Dalam kesempatan ini juga Dr Zul menyampaikan bahwa ada peluang untuk NTB menjadi Tuan Rumah Festival Qasidah Tingkat Nasional 2023. "Kita berdoa semoga kita bisa menjadi tuan rumah Festival Qasidah tingkat nasional agar dapat memberi manfaat untuk masyarakat NTB" ujarnya.

Festival Qasidah dan Bivo ini berlangsung dari tanggal 2 hinga 4 Agustus 2023. Dalam festival ini dilombakan beberapa katagori lomba yang diikuti oleh seluruh perwakilan Kabupaten/Kota di NTB. Katagori Lomba Pawai Defile menjadi yang paling ditunggu tunggu karena ditampilkan secara langsung saat acara pembukaan. Selain itu Lomba pawai defile ini juga menunjukan kekuatan kontingen dan atraksi budaya yang ditampilkan oleh semua Kabupaten/Kota di NTB.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.