Berobat Jadi Lebih Mudah Tanpa Antri! RSUD Provinsi NTB Terapkan Pendaftaran Antrian Online di Aplikasi Mobile JKN

0


 Permudah Pasien BPJS,  RSUD Provinsi NTB terapkan Pendaftaran Online melalui Aplikasi  Mobile JKN

Peserta BPJS Kesehatan kini tak perlu datang pagi-pagi ke fasilitas kesehatan (faskes) hanya untuk antre pendaftaran berobat.

Demi melayani masyarakat secara lebih efektif dan efisien, BPJS Kesehatan telah menyediakan fitur antrean online untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan cepat.

Dengan fitur ini masyarakat akan mendapatkan berbagai manfaat seperti dapat mengambil nomor antrean BPJS Kesehatan dari rumah, menentukan jadwal ke faskes, mendapatkan kepastian antrean, memilih dokter, mengetahui antrean yang dilayani secara real time dari HP, mengubah jadwal antrean dari HP jika ada halangan mendadak.

Untuk merasakan berbagai manfaat tersebut masyarakat perlu mendaftar antrean faskes secara online atau daring melalui Mobile JKN.

Hari ini (1/08) RSUD Provinsi NTB mulai menerapkan pendaftaran online bagi Pasien lama BPJS  rawat jalan melalui Aplikasi Mobile JKN.

Menurut Kepala Instalasi Sistem Informasi dan Pembiayaan Kesehatan (SIJAP) "dr. Ng Phi Shi, M.Kes" untuk menerapkan pendaftaran secara online melalui Aplikasi Mobile JKN ini, RSUD Provisni NTB telah mempersiapkan Hardware dan soft ware untuk membantu masyarakat melakukan pendaftaran secara mandiri melalui anjungan yang telah disediakan di gedung Mainhall (Gedung Utama) Rawat Jalan, sehingga masyarakat  tidak perlu antri lagi di Loket Pendaftaran.  

 
Cara daftar antrean BPJS Kesehatan via aplikasi Mobile JKN yang pertama adalah  Pastikan, peserta sudah mengunduh aplikasi Mobile JKN di App Store atau Google Play Store.
Selain untuk mendaftar antre di faskes tingkat pertama, cara ini juga bisa digunakan untuk rujukan ke rumah sakit (RS).
Secara umum berikut caranya:

• Buka aplikasi Mobile JKN

• Log in dengan email atau nomor kartu BPJS Kesehatan dan password yang sudah dimiliki

• Klik 'Pendaftaran Pelayanan'

• Klik 'Faskes Rujukan Tingkat Lanjut'

• Pilih peserta yang akan didaftarkan

• Pilih nomor rujukan yang akan secara otomatis tertera jika sebelumnya sudah menerima rujukan

• Pilih waktu kunjungan

• Pilih dokter yang dituju

• Klik 'Daftar Pelayanan'

• Nomor antrean peserta BPJS Kesehatan akan muncul dan terekam di aplikasi. Anda tinggal menunjukkan nomor antrean di aplikasi saat berobat

Sementara untuk mendaftar antrean di RSUD Provinsi NTB sebagai berikut :

- Pasien yang sudah memakai mobile JKN tinggal melihat di Handphone (HP),  
 
- Apabila sudah ada tujuan poliklinik dan waktunya maka tinggal datang ke Rumah Sakit tanpa perlu antri diloket cukup melakukan klik ambil antrean dan melakukan cek in dengan scan QR di lokasi rumah sakit  
 
- Memasukkan kode booking  di anjungan mesin pendaftaran online yang sudah disediakan.

- klik Daftar Rawat Jalan , selanjutnya akan muncul Tampil cetakan berhasil rawat jalan untuk ke poli.
 
Setelah selesai di daftarkan maka layar tv di poli tujuan akan tampak nama pasien . Pasien akan dilayani di Poli tanpa ribet antri di loket pendaftaran.
Berkat ikhtiar  sosialisasi   pendaftaran online melalui Aplikasi Mobil JKN yang dilakukan oleh Petugas Instalasi  SIJAP dibantu oleh Petugas PIPP dan Security, pelaksanaan penerapan pendaftaran online rawat jalan via Mobile JKN di hari pertama ini berjalan lancar.

Bahkan salah seorang pasien poli bedah  menyatakan terbantu dengan penerapan sistem ini.

"RSUD Provinsi NTB, Alhamdulillah sekarang sudah dipermudah dengan adanya mobile JKN, saya yang pertama kali memakainya, Masyaallah sangat cepat prosesnya,status saya (rekam medis red) sudah ada di poli bedah"

Tentunya masih banyak yang mesti dilengkapi  khususnya menuju elektronik rekam medis (e-rekam medis) di RSUD Provinsi NTB, tutur dr Phi Shi.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.