MAN Lobar Siap Implementasi Kurikulum Merdeka, 2023 Menuju Mandiri Berubah

0


Lombok Barat. Moment untuk penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)  menuju Mandiri Berubah bagi semua guru-guru MAN Lobar agar menyusun modul ajar sesuai pedoman IKM agar capaian pembelajaran yang mencerminkan P5 PPRA sesuai visi misi dan program madrasah dengan Slogan MAN MANTAPP  ( maju, berakhlak,  nyaman , terampil,  prestasi dan populis sehingga dikenal secara global baik lokal, maupun Nasional ke depan.  

Pembukaan kegiatan tersebut disampaikan oleh Kepala MAN Lombok Barat, H. Abdul Azis Faradi, MPd bahwa kegiatan ini bertujuan untuk penguatan IKM secara komperhensif serta dapat memahami proses pembelajaran yang lebih inovatif, berkolaborasi dengan konsep Program  Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan kreatif," pesan beliau pagi tadi, Rabu (12/7/2023).  


Dalam pemaparan narasumber  sesi pertama H.Rudi Hariyanto, M.Ed dengan Materi Penyusunan Modul Ajar dengan presentasi masing- masing kelompok Rumpun Bahasa, MIPA, Sosial dan Rumpun Agama dengan mempresentasikan Modul Ajar yang disampaikan, diskusi, refleksi serta memberikan saran masukan dari guru yang lain,  dengan mencerminkan P5 PPRA serta mengembangkan asesment sumatif dan formatif  baik saat proses maupum di akhir pembelajaran dengan desain strategi gaya mengajar  yang harus diubah dari paradigma lama ke paradigma baru dengan desain mengajar pendekatan proyek,inquiry learning, discovery learning, , sosiodrama,  mampu menyusum Esai, Jurnal,"  pesan H.Rudi Hariyanto, M.Pd.pagi tadi.  


Selanjutnya materi sesi  kedua Oleh Dr.Abdul Hamid, M.Pd menyampaikan materi P5 PPRA terkait identifikasi terhadap potensi madrasah, melakukan asesment diagnostik sehingga bisa mengetahui kekuatan dan kelemahaan yang ada sehingga kita dapat memberikan solusi dengan pola belajar kinestetik, audio, visual atau audio visual semua ini harus dianalisis betdasarkan instrumen yang dibuat guru BK bersama Tim Koordinator Fasilitator serta Guru Senior,  sehingga bisa diintegrasikan dengan peserta didik dalam menentukan pola desain penguatan gaya mengajar, serta proyek dan penanaman nilai-nilai moral serta 6 nilai Profil Pancasila  sehingga dapat mengembangkan potensi diri dan madrasah dengan memanfaatkan lahan kosong, kewirausahaan, serta pembiasaan literasi Al Quran sehingga akan memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka," kata Dr.Abdul Hamid, M.Pd pada pesan beliau. (ram)

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.