Gelar MATSAMA MAN Lobar Tanamkan Moderasi Beragama Kepada Peserta Didik Baru

0

Gerung. Memasuki Tahun ajaran baru 2023  MAN Lobar gelar MATSAMA (Masa Taaruf Siswa Madrasah) bagi siswa baru yang diikuti sebanyak 200 siswa yang terbagi menjadi 7 rombel Senin, (17/07/2023).

Sebelum pelaksanaan MATSAMA siswa pada hari sabtu yang lalu dilaksanakan pra MATSAMA terlebih dahulu dengan pembekalan dan arahan inti kegiatan MATSAMA.  


Di lingkungan pesantren kegiatan pengenalan sekolah bagi peserta didik baru disebut dengan  MATSAMA adalah akronim dari Masa Taaruf Siswa Madrasah yang merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah pada awal tahun ajaran baru di tingkat MI, MTs, dan MA.   

Dalam menyampaikan Materi MATSAMA Kepala MAN Lobar  H. Abdul Azis Faradi, M.Pd. memberikan pemahaman tentang pentingnya moderasi beragama kepada peserta didik baru memberikan pendidikan dasar agar tertanam saling menghormati dan menghargai dalam lingkungan sekolah antara siswa baru dan kakak kelasnya dan saling menghargai dalam bermasyarakat.   

"Moderasi ini adalah jalan tengah yang sangat perlu ditanamkan sejak dini sehingga memandang perbedaan bukan menjadi permasalahan tetapi anugrah" Paparnya.   


H. Abdul Azis Faradi, M.Pd juga menegaskan NKRI harga mati harus tertanam dalam diri siswa sebagai bentuk menjaga persatuan dalam bernegara maka sejatinya kita harus tetap menjaga keutuhan nya dan menghargai perbedaan sebagai salah satu bentuk Sunatullah yang diberikan Allah SWT.  

H. Azis juga menyampaikan bahwa, pada penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, antusias siswa mendaftarkan diri ke MAN Lombok Barat cukup tinggi. Progress ini dibuktikan dengan lebih banyaknya siswa yang mendaftarkan diri dibandingkan dengan tahun pelajaran sebelumnya, peningkatannya sekitar 30%.  


Sementara Ketua Panitia Matsama MAN Lombok Barat, Muhsan, S.Pd. mengatakan, kegiatan Pra MATSAMA dilaksaanakan 1 hari dan Kegiatan MATSAMA digelar selama 5 hari mulai tanggal 17 – 22 Juli nanti. “Kegiatan ini penting untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah dan sekitarnya, “kata Muhsan.  

Salah seorang siswa baru, mengungkapkan kebahagiaannya saat ditemui di sela-sela kegiatan MATSAMA 

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dapat menjadi siswa di MAN Lombok Barat.  "Saya ingin menimba ilmu untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan menjadi insan yang bermanfaat bagi diri, keluarga, tetangga, masyarakat, nusa dan bangsa.”

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.