Aidy Furqon : Pameran ini Menjadi Eduwisata Mengenal Wasta NTB Untuk Siswa-Siswi Kita.

0


Mataram - Musium Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Pameran Ragam Motif Wastra NTB 2023. Dengan Memamerkan berbagai Motif Tenun dari berbagai Daerah di NTB pada hari Rabu (5/7).

Wastra dalam bahasa Samsekerta merupakan kain, dimana dalam pameran ini turut memperkenalkan berbagai motif kain tenun dengan makna dan keunikannya tersendiri.

Dalam Kesempatan tersebut hadir Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah sekaligus membuka Pameran Bersama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Aidy Furqon, Kepala Musium Prov. NTB Ahmad Nuralam, Kepala Sekolah SMA/SMK, Desainer Tenun terkemuka, Perwakilan Siswa-siswi, serta Perwakilan Bank NTB.


Dalam sambutannya, Bunda Niken sapaan akrab Ketua Dekranasda NTB ini menyebutkan, bahwa Wastra atau yang biasa disebut kain tenun sejak dahulu menjadi bagian dari kehidupan warga masyarakat NTB. Sehingga melalui pameran ini menjadi upaya menampilkan koleksi ragam corak dan warna busana dari berbagai daerah di NTB.

"Ini menjadi referensi yang berharga sebagai pemilik dari budaya. Sebagai warisan Wastra ini bisa lebih memahami dan lebih bangga apa yang kita miliki," ungkapnya.

Selain itu, Bunda Niken mengajak kepada tamu undangan untuk hadir dalam kegiatan (Lombok Internasional Modest Fashion Festival (LIMOFF) yang akan dibuka mulai besok tanggal 6-9 Juli 2023. Tentunya, sebagai tuan rumah untuk bersama-sama mensukseskan dan menyambutnya dengan penuh kebanggaan.

Ditempat itu juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Aidy Furqon menyampaikan bahwa acara pameran ini bisa menjadi eduwisata bagi siswa-siswi di Nusa Tenggara Barat dalam mengenal berbagai Kain Tenun khas NTB yang menjadi Budaya masyarakat NTB.

"ini tentunya media pembelajaran bagi anak-anak kita dalam mengenal Wastra didaerah kita, bagaimana Sejarahnya, fungsi dan pemanfaatannya juga" ungkapnya.

Disebutkan juga kegiatan ini adalah rangkaian dari event Limoff yang akan dimulai dari tanggal 6-9 Juli 2023. Sehingga diharapkan ini menjadi konektivitas dari kegiatan strategis yang dilakukan oleh Pemprov NTB.

Ketua Penyelenggara Khairul Andriawan saat ditemui media menjelaskan bahwa pameran bersama tersebut merupakan agenda tahunan yang masuk dalam kalender pameran temporer musium NTB.

"Selain untuk mendukung kegiatan kegiatan Pemprov seperti MXGP dan LIMOFF juga untuk memperkenalkan Wastra Tradisional kita kepada masyarakat" ungkap khairil.

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.