PCC NTB Perkuat Integrasi Guna Meningkatkan Upaya Respon Cepat Pertolongan Pertama

0


 MATARAM – Guna mewujudkan visi dan misi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang ingin memandirikan masyarakat untuk hidup sehat dengan misi membuat rakyat sehat. Province Command Center (PCC) RSUD Provinsi NTB hadir dengan memberikan pelayanan kesehatan (home medical services) yang kini hadir di Rumah anda.

Dikatakan oleh H Awaludin selaku Kadiv Prehospital Igd, Koord PCC RSUD Provinsi NTB bahwa Saat ini pelayanan PCC berjalan dengan lancar, sehingga masyarakat mulai banyak menggunakan layanan PCC. Senin. 22/05/23

“Alhamdulillah sampai saat ini pelayanan PCC berjalan dengan lancar, masyarakat juga sudah mulai banyak menggunakan jenis layanan kami di PCC seperti, Home Care, Home Visi, Pemeriksaan Ibu Setelah Melahirkan, Evakuasi pasien baik itu menggunakan Ambulan darat, Laut dan udara”. Tutur nya

Ia juga mengatakan bahwa selain layanan di atas PCC juga mempunyai layanan lain seperti disediakan pendampingan dan pengawalan tim kesehatan/medis untuk event-event kecil maupun besar, baik itu olah raga , hiburan, konser skala lokal dan nasional, regional maupun intrnational, serta Mengelola dan mngendalikan rujukan dari semua RS dan Faskes yang ada di Provinsi maupun kabupaten di NTB.

Awal berharap untuk ke depan nya semua masyarakat di NTB bisa merasakan manfaat besar dari beberapa jenis layanan yang ada di PCC.

Selain adanya layanan-layanan tersebut PCC juga sangat menguatkan sinergi dan koordinasi dengan membangun komunikasi dengan beberapa Stokholder yang terkait, sehingga PCC dan No Emergency serta layanan nya bisa menjadi milik masyarakat.

“Untuk membangun komunikasi dengan beberapa kalangan kita menjalin kerjasama dengan Basarnas Mataram atau BPBD bahwa ketika ada kejadian akibat bencana alam atau non alam bisa menghubungi No PCC, lalu kemudian PCC berkomunikasi dengan PSC 119 di kabupaten di wilayah tempat kejadian bencana, dengan harapan tim secepatnya melakukan evakuasi, dan menyediakan ambulance sehingga tim Basarnas dan BPBD tidak perlu sibuk mengantar korban ke Faskes dan RS, kurang lebih seperti itu cara kami menguatkan sinergi dan membangun komunikasi”. Ujarnya.

Salah satu bagian terpenting PCC untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bagaimana upaya pertolongan pertama pada kegawatdaruratan untuk masyarakat awam, tim PCC sering mengadakan sosialisasi dan pelatihan sederhana tentang cara bantuan hidup dasar di RSUD Provinsi NTB, pelatihan tersebut bukan hanya untuk karyawan non medis tapi juga untuk keluarga pasien maupun pengunjung rumah sakit.

” Tim PCC juga melaksanakan sosialisasi BHD (Bantuan Hidup Dasar) ke beberapa instansi layanan publik lainnya seperti kita mengunjungi Bank-bank, Sekolah-sekolah, Pusat perbelanjaan, dan para driver ambulance dari beberapa unsur yang sering mengantar atau menjemput pasien ke RSUDP NTB, kami juga memberi mereka bekal sosialisasi BHD awam, serta cara cara evakuasi pasien yang baik dan benar serta aman”. Tutupnya.

Untuk informasi lebih detail terkait layanan Home care dan layanan lainnya dapat langsung menghubungi Emergency call PCC RSUDP NTB 0800-1111-119 (24 jam bebas pulsa) dan di nomor Whatsapp telekonsultasi medis 081-911-000-119.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.