Pasangan Fauzan-Sumiatun Berhasil Tingkatkan IPM Lobar ke Posisi 4 Se NTB

0

Lombok Barat - Kabupaten Lombok Barat genap berusia 65 tahun pada 17 April 2023. Berbagai capaian dan prestasi diraih oleh pasangan Fauzan Sumiatun dalam memimpin Lombok Barat sejak 23 April 2019 lalu. Salah satu yang paling mentereng adalah keberhasilan Pasangan Zaitun meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lombok Barat dari posisi 8 menjadi posisi 4 setelah Kota Mataram, Kota Bima dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H. Ilham peningkatan IPM yang sangat drastis ini merupakan salah satu prestasi mentereng Kabupaten Lombok Barat dibawah pasangan Zaitun. Kenaikan IPM ini menunjukan suksesnya kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat bersama jajarannya dalam menjalankan roda pemerintahan. Menurut Ilham meningkatkan IPM dari posisi 8 menuju posisi 4 bukanlah hal yang mudah. Namun dibawah kepemimpinan H. Fauzan Khalid dan Hj Sumiatun hal itu bisa diraih.

“Tentu ini bukan sesuatu yang mudah naik dari posisi 8 ke posisi 4.Butuh perencanaan dan pelaksanaan yang matang dan Alhamdulillah ini adalah salah satu prestasi membanggakan tentunya” ujarnya.

Selain IPM yang meningkat tajam, Lombok Barat juga meriah berbagi prestasi dan capaian spektakuler diusianya yang ke 65 tahun ini. Pasangan Zaitun berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi terendah sejak 19 tahun terakhir. Tahun 2022 tingkat kemiskinan di lobar mencapai 13,39 persen atau turun 1,08 persen dari tahun 2021 yang berada pada posisi 14,47 persen. Pasangan Zaitun juga berhasil membawa Lobar menjadi Kabupaten dengan angka harapan sekolah terbaik di NTB, Kabupaten dengan Pelayanan Publik terbaik, Kabupaten dengan LPPD terbaik 5 tahun berturut turut.

Selain itu Lombok Barat juga meraih predikat Laporan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian selama 8 tahun berturut turut dan Kabupaten dengan katagori Informatif terbaik dalam keterbukaan informasi publik, Kabupaten paling peduli pada lembaga penyiaran publik dan juara 1 TPID Award wilayah nusa tenggara, Maluku dan papua. Menurut ilham, Kabupaten Lombok Barat menorehkan labih dari 20 prestasi yang membanggakan baik level nasional maupun propinsi.

“Kami berhasil meraih berbagai prestasi dengan semangat kerja keras dan kekompakan” ujarnya.

Sementara itu Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyampaikan terima kasih kepada semua pihak sehingga di usia ke 65 ini Lombok Barat bisa menorehkan berbagai prestasi dan capaian membanggakan. Menurutnya hal ini adalah hasil kerja keras semua pihak. Selain itu hal ini juga bisa dicapai dengan semangat kolaborasi, kebersamaan dan gotong royong yang selama ini diterapkan di Lombok Barat.

“Terima kasih kepada semua pihak atas kerja keras dan dedikasinya untuk Lombok Barat sehingga kita bisa bergerak cepat dan berprestasi. Marilah kita terus tingkatkan semangat kolaborasi, kebersamaan dan gotong royong untuk bangkit dan produktif menuju Lombok Barat mantap” ujarnya.

Bupati Fauzan juga menyampaikan bahwa Lombok Barat sudah melalui berbagai cobaan. Mulai dari musibah gempa 2018 kemudian diikuti oleh covid19. Hal ini tentu sangat memukul berbagai sendi kehidupan terutama perekonomian Lombok Barat dan daerah lain di Indonesia. Namun kita harus dapat kembali bangkit untuk menyongsong masa depan karenanya Pemerintah Daerah mengambil tema Bangkit dan produktif ini sebagai semangat untuk kita semua kembali bangkit dan produktif menuju Lombok Barat mantap.

“Tema ini diambil untuk dapat memberikan semangat kepada kita semua untuk kembali bangkit dan produktif setelah melalui berbagai cobaan dan musibah sejak tahun 2018 lalu. Mari kita semua Bangkit dan produktif menuju Lombok Barat Mantap (Amanah Sejahtera dan Berprestasi) ” ujarnya.

Rangkaian acara peringatan HUT Kabupaten Lombok Barat telah dilaksanakan sejak awal maret 2023 lalu ditandai dengan Peluncuran Pemda menyapa desa kemudian diikuti oleh penanaman pohon di wilayah pandan wangi Desa Mareje Timur, Nuzulul Qur’an dan Khataman Qur’an serta kegiatan lainnya yang berjumlah sekitar 25 agenda kegiatan. Acara Puncak peringatan HUT Kabupaten Lombok Barat akan ditandai dengan upacara bendera dalam rangka HUT Kabupaten Lombok Barat Senin, 17 April 2023 di lapangan kantor Bupati Lombok Barat.

Para peserta upacara bendera HUT Lombok Barat ini menggunakan pakaian muslim sasak yang terdiri dari kemeja putih dan sarung serta bebet di pinggang. Hal ini juga sebagai semarak ramadhan karena HUT Lobar bertepatan dengan bulan Ramadhan 1444 H. Selain itj dihari senin juga akan digelar pasar murah untuk rakyat di Taman Kota Gerung. Masyarakat dapat membeli berbagai kebutuhan pokok seperti sembako, telur, sayur, cabai, tomat, tepung terigu dan kebutuhan lainnya dengan harga terjangkau dipasar murah ini.
Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
DISCLAIMER:
EPIC LOMBOK menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.